Mohon tunggu...
Miskiyatul Mubarokah
Miskiyatul Mubarokah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman

Faculty of Economics and Business

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Big Data? What Is This? Mari Kita Bahas

29 September 2022   14:39 Diperbarui: 29 September 2022   14:46 170 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Big data adalah sekumpulan penyimpanan data berskala besar yang bisa mendeteksi suatu aktivitas yang tidak wajar didalam bisnis dengan cepat dan tepat. Dari 2009 hingga 2011 jumlah data digital yang dibuat berlipat ganda, 90 persen dari data digital yang tersimpan di dunia saat ini telah dibuat dalam dua tahun terakhir saja (McKinsey, 2011). Setiap hari 294 miliar email dikirim, serta 1 miliar pencarian Google dan 230 juta tweet (Shilpa & Kaur, 2013). Hal ini menggambarkan pesatnya pertumbuhan volume data. Di sini data berarti seperangkat nilai variabel kualitatif atau kuantitatif, yang biasanya merupakan hasil pengukuran. Volume data mengacu pada jumlah tertentu yang dihasilkan.

Karakteristik data mencakup:

1. Analisis Bisnis


Data yang dihasilkan dari berbagai sumber dan datang dalam berbagai bentuk data. Bidang analisis data yang menganalisis data yang di mediasi proses disebut analisis data tradisional, juga disebut sebagai proses bisnis tradisional, yang pada gilirannya menghasilkan lebih banyak data yang di mediasi proses. Tiga kata sering digunakan untuk menggambarkan data besar. Ini adalah volume, variasi dan kecepatan.

a. Volume

Dengan munculnya data yang bersumber dari manusia dan yang dihasilkan oleh mesin, volume data meningkat dengan cepat, yang diukur oleh International Data Corporation.

b. Variasi

Selain peningkatan volume data, variasi sumber data dan format data juga meningkat. Pergeseran domain data yang di mediasi proses, dihasilkan mesin, dan bersumber dari manusia mengakibatkan pergeseran dari data terstruktur ke kombinasi data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur (McKinsey, 2011).

c. Kecepatan

Perkembangan teknologi teknologi instrumentasi menyebabkan peningkatan kecepatan di mana data dihasilkan dan menghasilkan aliran data yang konstan dan hampir real time (IBM, 2012).

2. Penciptaan Nilai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan