Misbul Abdillah
Misbul Abdillah karyawan swasta

Blogger-man//Penulis Sajak-Indonesia//Linked in: Misbul abdillah/seorang backpackers/Fanpages on facebook: Abdi Backpackers //wiraswasta Beredar di akun twitter @abdi_cakrawala

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mudahnya Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja Mandiri

14 September 2017   12:43 Diperbarui: 17 September 2017   21:21 596 0 0
Mudahnya Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja Mandiri
Pekerja mandiri- BPJSTK pekanbaru.

Misbulabdillah.17kompasiana.com-  Untuk sekian kalinya saya sendiri kadang merasa ragu, untuk apa lah kartu bpjs ini saya simpan di dalam dompet, bikin semak je lah.. "angapan stigma negatif dari awal mula kerja dengan pihak outsorcing, yang di daftarkan menurut HRDnya, setelah sekian tahun saldonya untuk pencairan, baru saya terdiam! Gila, saat pengaguran tidak ada dana cash, akhirnya dana bpjs ini bisa untuk bertahan hidup dikerasnya kota Pekanbaru, ujar dalam hati.

Wel wel, ngomong ngomong, apa itu sih BPJS alias kita dulunya sebut dengan JAMSOSTEK. Ya.. "semenjak transormasi merek lama menjdi baru BPJS semakin menjadi jadi aja programnya, dan semakin ke kinian, memberikan perlindungan ektra buat kita para Pekerja, kalo pekerja Kantoran sih masih mending, duduk manis aja jelas.kartunya dapet pembayarannya jelas. 

Bagaimana kalau kita yang pekerja kasar, buruh harian atau ikut dengan orang, atau juga kita kita yang hari harinya di lapangan berjualan, tidak ada asuransi pula lagi. Kita hanya mikir untuk makan hari ini saja bukan dan sisa untuk esok,miris! Itu juga yang saya alamin kawan, nga beda jauh  ya namanya pekerja mandiri. Semuanya di gerakan dengan kaki sendiri untuk berjuang di era pahitnya ekonomi negeri kita saat ini.

Kawan, Sekilas apa sih dasar hukum BPJS ketenagakerjaan ? " saya baru tahu ni, Badan Penyelengara Jaminan sosial ( BPJS ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang langsung bertangung jawab kepada presiden dan di bentuk berdasarkan UU no.24 tahun 2011 untuk menyelengarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Lalu apakah yang di maksut dengan sistem jaminan Nasional, kawan ? sistem jaminan nasional merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahtreraan sosial bagi uruh rakyat;

Jaminan sosoal merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak.

Apakah wajib menjadi perserta BPJS Ketenagakerjaan, " jawabanya kepersetaan BPJS Ketenagakerjaan adalah wajib, sesuai dengan pasal 14 undang undang NO.24 tahun 2011 yang berbunyi"setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia wajib menjadi peserta program jaminan sosial"

Terakhir, kawan. Apa saja program yang di selengarakan BPJS Ketenagakerjaan ?

BPJS ketenagakerjaan bertugas untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja yang meliputi:

Jaminan hari tua ( JHT)

Jaminan kecelakaan kerja ( JKK )

Jaminan kematian ( JKm )

Jaminan pensiun ( JP ).

Karena tidak adanya saya lagi saya di angota bpjs lagi, dan membuat saya banyak bertanya sana sini di ruang lingkup kantor BPJS Riau 1 Pekanbaru, dan kebutulan juga sering kosumsi mentah mentah majalah bulanan bpjs yang mentereng ruang tungu antrian kantor, membuat saya berfikir untuk jangka panjang. Punya asuransi tidak, kerja tidak jelas. Jika saya kena acident di jalan raya, apa yang akan saya pegang selama ini. " jangan terlalu berharap dengan tabungan, apalagi dengan orang lain. 

Berpikir panjang sejenak di kantor BPJS Riau 1 itu pula membuat saya  tampa berfikir panjang, dan bergegas tanya kembali ke pak security yang bertugas saat itu, dan mengantarkan saya diruang khusus dengan kakak cantik pula lagi, hade... kakak, pagi kak. Saya mau daftar peserta BPJS tenagakerja pekerja mandiri bukan penerima upah kak, dan kakak tersebut pun menjawab dengan ramah dan memberikan edukasi sedikit dengan flyer yang tertera di meja dan saya pun semakin mengerti. Syarat syaratnya  pun gampang, dan ini dia syaratnya.

Ktp asli, kk asli yang di perlihatkan ke kakak petugasnya.

Dan Kakak petugasnya mencopykan data kita sendirinya, isi aplikasi. Dan kakak petugasnya mengarahkan kita untuk melakukan pembayaran pertama sebesar 72.800 untuk JHT, JKK,dan Jkmnya. Sangat mudahkan. " saya pun bergegas membayar pertama untuk kartu kepersetaan saya,dan mudahnya lagi bank yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ada cabang nya di kantor utama Riau 1 tersebut, transfer viaaplikasi setor mandiri, clear. Dan kembali mengambil kartu BPJS Yang siap di cetak oleh kakak petugasnya. setelah selesai saya pun pulang. Hanya butuh 20 menit, semua urusan pengurusan kartu BPJS  untuk pekerja mandiri ini, mudahnya bukan.

Ayo gabung menjadi Peserta BPJS Ketenagakerja pekerja mandiri kaya kita kita yan gnon informal ini, banyak sekali manfaat nya kawan! selamat hari pelangan nasional juga, walau sepekan sudah berlalu.

Diary : Misbul abdillah. Peserta BPJS ketenagakerjaan pekerja mandiri Riau 1

No. Kartu 1471 1215 0786 00001.

sumber. buku saku BPJS ketenagakerjaan.