Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... O - "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Hal yang Saya Lakukan Saat Mengalami Kegagalan

6 April 2020   16:54 Diperbarui: 6 April 2020   17:10 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kesal, sedih, marah, dan banyak lagi yang saya kecewakan dan saya tumpahkan pada diri saya sendiri, saat saya gagal dalam mengikuti seleksi penerimaan Tentara Nasional Indonesia saat itu. Saya juga masih ingat saat berangsur-angsur kegagalan datang dalam kehidupan saya di tolak diterima kerja disalah satu perusahaan swasta, juga bagaimana saat saya tidak diterima di salah satu perguruan tinggi negri di tempat saya tinggal.

Kegagalan demi kegagalan terus menimpa, hanya satu yang saat itu tidak saya rasakan sebagai kegagalan, kegiatan saya di Kepramukaan, kegiatan di Kepramukaan terus berjalan, program yang sudah saya susun semua berjalan dengan baik, baik kegiatan di tingkat Ranting, Cabang, Daerah bahkan kegiatan di tingkat Nasional.

Sejalan dengan beriringnya waktu, beberapa tahun setelah kegagalan-kegagalan itu, saya coba mengubah pola pikir yang selama  ini ada pada diri saya, beberapa kata mutiara saya coba tanamkan seperti "kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda" dan "kegagalan adalah awal dari kesuksesan." Dan banyak lagi kata-kata penyemangat yang saya tanamkan pada diri dan pola pikir yang lebih positif, tentang kemampuan yang saya miliki, bahwa kegagalan adalah kesempatan yang paling sempurna untuk saya dapat berkembang lebih baik.

Berikut beberapa cara yang saya lakukan setelah beberapa tahun kegagalan yang saya alami.

Berfikir kearah yang positif

Saat acara perkemahan Wirakarya Nasional tahun 1987 saat itu dibukit Suharto, di KM 47 jalan antara Balikpapan-Samarinda, disini saya beruntung bertemu dengan orang-orang hebat di seluruh Indonesia, ada yang mahasiswa, ada yang masih SMA, ada yang sudah bekerja, ada dokter, dosen dan lain sebagainya.

Beruntung sekali saya dapat berbicara dan berdiskusi bersama mereka, karena di perkemahan itu saya sebagai pejabat pemerintahan ceritanya ( sebagai camat putra).

Dari pertemuan-pertemuan itu saya dapat menyimpulkan, "saat kita mengalami sebuah kegagalan, kita tidak boleh memiliki pemikiran yang kaku, atau kita terus memikirkan kegagalan-kegagalan itu, hal itulah yang membuat kita susah percaya lagi dengan usaha-usaha yang kita lakukan selama ini, karena kalau kita terjerumus disini kita sudah tidak lagi menghargai sebuah proses, pemikiran yang positif dan berkembang harus tertanam dalam jiwa kita, apalagi kita sebagai anggota Pramuka, kita perlu meyakini bahwa suatu usaha memiliki nilai yang besar, lakukan tidak perlu bagaimana hasilnya, ini bukan masalah kesempurnaan tapi ini adalah tentang menghadapi tantangan dan menuju sebuah kemajuan.

Harus tetap berpikiran jernih bahwa sebuah kegagalan yang pernah dialami jadikan dia sebagai motivasi untuk bangkit kembali dan memberikan hasil sesuai yang kita inginkan.

Rancang sebuah keberhasilan

Salah satu dari sahabat-sahabat saya di KM 47 tahun 1987 saat itu berkata, coba kamu lihat dari seluruh yang hadir di KM 47 ini, siapa yang kamu anggap "sukses" kalau orang itu yang kamu anggap sukses, coba kamu tanya satu-satu, apa difinisi sukses yang ada di benak mereka, saya percaya kalau ini kamu lakukan pasti jawaban mereka akan berbeda-beda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun