Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Sebuah Harga Diri

28 Maret 2020   12:49 Diperbarui: 28 Maret 2020   13:07 11 3 0 Mohon Tunggu...

Meningkatkan harga diri

Seseorang berani melakukan hal apa saja karena sebuah harga diri, bahkan ada seseorang yang berani menghabisi seseorang karena sebuah harga diri, seseorang walaupun dia tahu dia melakukan kesalahan namun saat harga dirinya diinjak dia rela melakukan apa saja walau dia akhirnya masuk penjara.

Kali ini kita tidak membicarakan berapa harga diri seseorang, tapi kali ini kita membahas bagaimana caranya kita meningkatkan harga diri kita.

Harga diri biasanya digunakan untuk menggambarkan keseluruhan rasa harga diri seseorang untuk menilai diri mereka sendiri, dari sinilah membentuk sebuah kepercayaan diri bahwa seseorang itu adalah pribadi yang sangat berharga dan harga diri ini sangat berpengaruh dengan orang lain.

Harga diri seseorang biasanya yang mempengaruhi adalah rasa tidak aman, dari sinilah awalnya sehingga kadang-kadang kita melihat orang yang sangat percaya dan ada juga yang minder. Ada beberapa hal yang mungkin dapat ditiru bagaimana seseorang dapat meningkatkan harga dirinya.

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Biarkanlah orang dengan kelebihan dan kekurangan yang dia miliki, begitupan terhadap kita, biarkan saja orang-orang yang selalu merendahkan diri sendiri, atau orang yang bangga dengan kelebihan yang dia miliki, kalau mungkin kelebihan seseorang kemudian dia membanggakannya mungkin tidak apa karena memang dia mampu dan dia punya kelebihan itu, namun kita sering juga merasa kurang nyaman dan geregetan melihat seseorang yang selalu merendahkan dirinya.

Atau yang sering terjadi kita sering menggerutu sendiri meratapi nasib kita melihat kelebihan orang lain, atau kita meratapi kelemahan-kelemahan kita.

Sekali lagi jangan membandingkan diri kita dengan orang lain, karena tidak semua orang akan mengganggap remeh dengan kekurangan kita, kalau kita membandingkan diri kita dengan orang lain yang memiliki kelebihan ini yang kerap kali membuat rendah harga diri kita.

Asah kemampuan dari kekurangan kita

Merasa tidak sepadan atau kurang nyaman dengan orang-orang yang berada disekitar kita, karena mereka memiliki kemampuan dan kualitas yang sangat jauh diatas kita, apabila hal ini terjadi maka sudah sepatnya tindakan yang dilakukan pertama adalah menenangkan diri sendiri dahulu, atau kalau harus menjauh menjauhlah untuk sementara waktu seraya kita introspeksi diri tentang kelemahan-kelemahan yang kita miliki, kemudian kita asah kelemahan kita ini untuk memacu atau sebagai andrenalin kita untuk maju dan menjadikan ini penyemangat untuk meningkatkan kemampuan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x