Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Hidup Seimbang untuk Sebuah Kebahagiaan

23 Maret 2020   09:23 Diperbarui: 23 Maret 2020   09:29 51 4 1 Mohon Tunggu...

Sebuah kesederhaan

Saat ini, kita semakin banyak belajar dan Allah menunjukan betapa tidak ada apa-apanya kita, strategi oleh seorang yang ahli sekalipun, terlewat oleh yang mengatur dan pemilik strategi itu sendiri, kita lihat saat-saat ini hampir semua negara merasakannya, Pemerintahan saat ini walau terlambat, mencoba melawan dengan berbagai strategi, malah lebih banyak pengeluaran yang ada dari pemasukan yang diharapkan.

Mari kita belajar bersama dengan merebaknya kasus covid-19 ini, kita seimbangkan antara kebebasan dan kebahagiaan hidup, kita belajar dari kasus ini untuk menjadi lebih sederhana dalam menjalani kehidupan ini.

Harta bukanlah segalanya

Tidak sedikit orang berpendapat kebahagiaan akan mereka dapatkan kalau mereka  memiliki harta kekayaan yang banyak, sehingga apa saja yang mereka  inginkan akan dapat di raih, justru sebaliknya sekarang banyak orang yang lebih merasa ketakutan dengan harta yang dia miliki, dia tidak ingin meninggalkan hartanya, dia sangat fokus untuk mengumpulkan hartanya, dia sangat ketakutan akan kehilangan harta yang dia miliki.

Justru menurut saya orang-orang ini jauh dari rasa bahagia, dia meninggalkan keluarga untuk mencari dan mencari harta kekayaan, waktu dengan keluarga sangat sedikit sekali, oleh sebab itu jadikanlah harta yang dimiliki menjadikan sumber kebahagiaan kita, investasikan harta yang ada, gunakan waktu yang ada sehingga kita tidak menyesal di kemudian hari karena banyak waktu yang kita buang untuk selalu mencari harta.

Untuk itu komitmen waktu yang tersisa agar kita gunakan tidak semata-mata untuk menumpuk harta kekayaan, gunakan untuk keluarga, bersosialisasi lebih lagi dengan kerabat dan tetangga.

Jangan berhutang

Jangan juga karena untuk hidup sederhana kita bekerja asal-asalan, atau bekerja seenaknya saja, karena kita wajib juga untuk menghidupai anak, istri atau kalau masih memiliki orang tua atau mertua dan lain-lain, tetap bekerja tapi tidak semata-mata mengejar harta, atau dengan santai kita tidak bekerja hidup dari berhutang, ini juga bukanlah pola hidup sederhana.

Usahakan jangan kita berhutang, kalau bisa malah kita yang membantu, namun kalau kita memiliki hutang bersegeralah melunasinya, janganlah kita bersenang-senang atau menikmati kehidupan ini dengan jalan berhutang, ini bukanlah munuju atau memulai hidup yang sederhana.

Berpikiran positif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x