Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Kali Lo dengan Kampung Warna-warninya

18 Oktober 2019   13:57 Diperbarui: 18 Oktober 2019   14:24 0 6 0 Mohon Tunggu...
Kali Lo dengan Kampung Warna-warninya
dokpri

Kampung Kalilo atau Kampung warna warni, terletak di pusat kota Banyuwangi, konon dahulu sebelum menjadi seperti ini merupakan perkampungan yang kumuh, sampah berserakan disana sini, ini menurut guide kami yang menemani kami satu hari ini untuk menikmati dan menjajal destinasi wisata yang ada di Kota Banyuwangi, dinamai kampung Kali Lo karena berada di bantaran sungai Kali Lo.

dokpri
dokpri
Kampung Kali Lo berada di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Menjadi kampung warna warni ini atas kerja sama Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember dengan Pemerintah Kabupaten Bayuwangi dan masyarakat sekitar.

Kini sungai Kali Lo sangat bersih, saat kami berkunjung disini, ada satu orang petugas yang sedang membersihkan sungai dari kotoran yang ada, dia membersihkan menggunakan galah yang di ujung galah ada jaring untuk mengangkat sampah yang ada. Tembok dan dinding rumah yang menghadap ke sungai penuh dengan aneka warna.

dokpri
dokpri
Konon katanya dinamakan Kali Lo karena disini dahulu banyak pohon Lo, pohon Lo itu sejenis beringin kata guide kami, dia bilang menurut cerita dahulu sungai ini sangat luas, dua kali seperti yang sekarang, kapal dan perahu dahulu bisa masuk sampai kesini, namun seiring waktu, sekarang Kali Lo hanya tinggal seperti ini, dahulu juga di katakanya airnya sangat jernih dan banyak bebatuan di sungainya, bersyukur sekali sejak 2016 kali Lo mulai berbenah dan sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi.  Hayoo...Jelajah Indonesia.

Banyuwangi 13102019