Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Travel

Plaosan Candi yang Menawan

4 Juli 2019   05:53 Diperbarui: 4 Juli 2019   05:54 0 4 0 Mohon Tunggu...

Salam Petualang,

Kali ini saya lelah sekali, karena dari Bogor nyetir, dan dua kali istirahat sampai kami di Malioboro pada pukul 3 pagi, mencari penginapan, dan istirahat sejenak, agar banyak destinasi yang dapat kami nikmati, kepada pemilik guest house di Malioboro kami membayar 100 ribu saja sampai menunggu jam sembilan pagi, baru kena tarif normal untuk satu kamarnya, saya menyetujui dan mengambil dua kamar, sebelum beristirahat kami minta carikan mobil dan supir untuk mengantarkan kami ke tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Malioboro, dan kami minta jam 07.30 pagi sudah berada di guest house.

dokpri
dokpri
Sang Pengemudi menawarkan untuk kunjungan pertama ke Candi Plaosan, katanya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan, karena kami selama ini beberapa kali ke Candi Prambanan, kurang pamilier dengan Candi Plaosan ini.

Sehingga saat di tawari kesini kami langsung menyetujuinya, Candi Plaosan merupakan salah satu Candi Budha di Indonesia, jaraknya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan.

dokpri
dokpri
Candi yang terletak di Klaten ini, terbagi menjadi dua bagian, yang pertama Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan).

Candi Plaosan dikelilingi oleh parit berbentuk persegi panjang dengan ukuran 440 meter x 270 meter, dengan memiliki lebar parit 10 meter, dan memiliki kedalaman 2,5 meter, di luar parit terdapat pagar keliling yang berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran luas 460 meter x 290 meter.

Candi Plaosan diperkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi, pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu.

dokpri
dokpri
Sayangnya saat kami berada disini tidak ada guide satupun yang dapat kami tanya-tanya dari sejarah Candi Plaosan ini, pengunjung saat kami menginjakan kaki ke Candi ini juga hanya beberapa orang saja, mungkin karena masih pagi, sehingga pengunjung ke Candi Prambanan dahulu baru kesini.

dokpri
dokpri
Kami mencoba masuk dan naik dimana yang bisa di masuki dan dinaiki, kemudian kami ber swa foto dari berbagai sisi Candi.

Sebuah kawasan Candi yang sangat indah dan menawan, tidak terlalu jauh dari jalan raya, dari tempat parkiran menuju lokasi sini hanya sekitar 25 meter saja, betapa Indahnya Alam Indonesia dengan destinasi yang dimiliki, semoga kelestariannya selalu terjaga.

Candi yang sangat indah dan sangat Cantik, Hayoo Jelajah Indonesia.

Bogor, 04072019

KONTEN MENARIK LAINNYA
x