Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menjelajahi Sumatera Barat (2)

20 Juni 2019   17:27 Diperbarui: 20 Juni 2019   17:42 33 3 0 Mohon Tunggu...

Salam Petualang,

Hari Kedua, Sumatera Barat

Kompasioner, hari kedua di Sumatera Barat, destinasi pertama yang kami tuju adalah Air Terjun Lembah Anai, dari hotel kami menggunakan 8 bus, dengan pengawalan Voorijder dari Kepolisian, sehingga lebih cepat kami tiba di Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai.

dokpri
dokpri
Secara administrasi Lembah Anai masuk dalam wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, air terjun ini masih berasal dari aliran sungai Batang Lurah yang berhulu di atas Gunung Singgalang.

Jumlah air terjun di kawasan ini sebanyak tujuh buah, namun yang posisinya tepat di pinggir jalan hanya air terjun ini, sedangkan enam air terjun yang lain paling cepat di tembuh dengan berjalan kaki selama dua jam.

dokpri
dokpri
Tinggi air terjun ini sekitar 35 meter, tepat diseberang air terjun terdapat rel kereta api tua, yang berkelok pas melintas di jalan raya.

Disisi jalan untuk menuju air terjun, banyak pedagang yang berjualan, souvenir dan makanan khas dari Daerah sini.

Kami semua berselfie ria, karena dari pihak temen-teman yang mengawal kami kesini, kami di beri waktu selama tiga puluh menit untuk menikmati keindahan Air Terjun Lembah Anai ini.

Istana Pagaruyung

dokpri
dokpri
Melanjutkan destinasi berikutnya kami ke Istana Pagaruyung, adalah salah satu peninggalan sejarah yang masih tersisa, bukti dari kekuasaan Kerajaan Pagaruyung, Kerajaan yang terbentuk dari gabungan Nagari-Nagari itu runtuh setelah siasat adu domba kolonial Belanda saat perang Padri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x