Mohon tunggu...
Mirza Ulhaq
Mirza Ulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Saya mahasiswa Unair prodi Robotika dan Kecerdasan Butan

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Manusia dan Eksistensi Robot

24 Juni 2022   21:24 Diperbarui: 24 Juni 2022   21:25 52 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Hi-Tech. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seperti yang kita ketahui, bahwa Negara yang menggunakan robot sebagai pengganti manusia dalam melakukan pekerjaan ialan Negara Jepang, tentunya Jepang merupakan negara yang menggunakan robot sebagai pengganti manusia dalam bekerja, tak hanya itu robot disana semua memiliki kecerdasan buatan yang luar biasa karena teknologi disana memang telah meningkat dari tahun ke tahun. Apa kalian tahu mengapa hal itu bisa terjadi? Dan mengapa mamusia menciptakan robot dengan kecerdasan yang seperti itu? Mari simak opini saya.

Robot cerdas merupakan alat / mesin yang bergerak sesuai dengan kehendak otak / memori buatan yang telah di setting oleh manusia agar dapat mengetahui suaru percakapan maupun mengetahui sesuatu yang memang diperlukan dalam beraktivitas.

Kita ini kan sudah memasuki era 4.0 yang dimana kemajuan teknologi juga harus berkembang, namun era 4.0 ini menurut saya tidak berlaku bagi negara yang sudah mengeksploitas kegiatannya dengan sebuah kecanggihan yang luar biasa bahkan bisa dikatakan negara tersebut telah memasuki era 5.0 dimana semua berjalan dengan teknologi yang kecanggihannya sudah diatas negara yang masih menyandang era 4.0, maka dari itu, terutama negara saya Indonesia ini harus memiliki SDM yang luar biasa agar bisa melangkah ke era selanjutnya dan menjadi negara maju dan bisa bersaing teknologi dengan negara lain.

Kenapa saya mengatakan hal itu? Karena memang benar Indonesia sendiri membutuhkan SDM yang berlimpah tak hanya SDA nya saja, tapi SDM harus ditingkatkan karena negara ini alan diteruskan kepada para pemuda saat ini yang akan merevolusi negara agar dapat bersaing dengan negara lain yang biasa disebut negara maju. Pada saat ini korea juga termasuk negara yang sedang mengembangkan era dimana robot-robot cedas yang akan menggantikan manusia bekerja. Lihat mereka, negara tersebut juga mengembangkan aliran musiknya yang saat ini telah berada dimana-mana, bisa kita sebut bahwa negara tersebut berhasil memasuki pasar internasional dengan membawa perkembangan mereka ke dunia luar. Bahkan kita juga sampai sempat bingung, mana manusia, mana robot, mana hologram karena negara tersebut perkembangannya cukup signifikan dan bisa dikatakan bahwa korea yang saat ini yang bisa menandingi negara maju yang memiliki teknologi yang mengerikan itu, yang pasti dalam hal ini bukan mengerikan tapi bisa saya katakan itu super, karena perkembangan otak manusia dan kreativitas manusia yang pada dasarnya manusia itu bernafsu, jadi kalau ingin meneliti lebih jauh harus sampai ke akar-akarnya akan bisa menemukan kesimpulan pastinya.

Itu saya yang bisa saya sampaikan, maaf apabila opini saya ada catatan yang salah ketika saya mengetiknya, terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan