Mohon tunggu...
Mira Yuliani
Mira Yuliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Jurusan Manajemen Resort dan Leisure 2018

Membagikan informasi mengenai kegiatan KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021. Kelompok 80. DPL: Dr. Sandey Tantra. P, M.Pd.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021 Bidang Pendidikan: Sosialisasi Penggunaan Masker Ganda di SDN Gudangkahuripan

24 Juli 2021   13:37 Diperbarui: 24 Juli 2021   13:45 201 1 0 Mohon Tunggu...

Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa pandemi ini secara daring yang dinamakan KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19". KKN secara daring ini sudah dilakukan dari tahun sebelumnya dan tahun ini kembali digelar secara online. KKN pada tahun ini terbagi 2 gelombang, untuk gelombang 1 diikuti oleh lebih dari 3000 mahasiswa yang mengontrak mata kuliah KKN. 

Biasanya KKN ini dilakukan secara offline dan langsung mendatangi desa-desa yang dituju untuk melakukan program KKN, namun pada tahun ini pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) merekomendasikan mahasiswa melakukan program KKN yang sudah direncanakannya hanya secara daring sesuai dengan bidang yang mereka pilih antara bidang pendidikan ,ekonomi ataupun keduanya. KKN Tematik UPI 2021 ini bertujuan untuk melaksanakan Program Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi.

Pendidikan adalah salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan saat keadaan pandemi seperti sekarang. Karena dengan keadaan pandemi yang tidak memungkinkan siswa untuk belajar disekolah, menuntut untuk siswa belajar dirumah dengan pengawasan langsung oleh orang tua. Orang tua saat ini menjadi sosok yang paling dekat untuk bisa mendampingi anak dirumah, untuk itu perlu adanya pembiasaan untuk orang tua mengawasi dan memberi semangat agar anak bisa terus belajar dengan baik walaupun dirumah.

Dalam Program Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan ini memiliki sasaran sekolah-sekolah yang perlu adanya pendampingan sehingga bisa terus berdampingan dengan keadaan pandemi dan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif dari sebelumnya. Sasaran wajib di bidang pendidikan itu adalah minimal 2 orang guru, 10 orang siswa dan 10 orang tua siswa.

Pada kesempatan kali ini KKN Tematik akan dilaksanakan di SDN Gudangkahuripan yang berlokasi di Jl. Raya Lembang No.14, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Sasaran khusus pendampingan itu siswa kelas 5A dengan wali kelas Ibu Windayani, S.Pd dan kelas 5B dengan wali kelas Ibu D. A. Heriati, S.Pd. Pada hari Senin (19/7/21) merupakan hari pertama siswa masuk tahun ajaran baru tahun 2021-2022. Pada hari itu terdapat kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilakukan oleh sekolah secara daring dengan agenda pengenalan guru, staff, dan konsep belajar kedepannya. MPLS berlangsung 3 hari.

Pada hari ketiga MPLS Rabu (21/7/21), kegiatan diisi oleh mahasiswa UPI dengan Sosialisasi Penggunaan Masker Ganda menggunakan video yang dikirimkan ke grup Whatsapp kelas 5A dan 5B. Siswa pun diminta untuk mempraktikan dirumah dengan cara memakai masker ganda kemudian difoto dan dikirimkan ke grup kelas. Siswa sangat senang dan bersemangat mempraktikan penggunaan masker ganda karena hal tersebut sangat bermanfaat apalagi jika dipakai saat bepergian.

Berikut beberapa foto kegiatan

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN