Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia di Desa Ranupani, 1000 Bibit Pohon Cemara Gunung Ditanam di Kebun Warga Masyarakat

29 November 2022   00:08 Diperbarui: 29 November 2022   00:16 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ranupani 27/10/22 - Setelah terjadinya banjir pada bulan oktober 2022 seketika keindahan alam raya desa Ranupani mengalami perubahan yang sangat sulit untuk dijelaskan. 

Begitu banyak peristiwa baru dalam situasi pasca banjir, misalnya  perasaan rasa trauma ketika hujan lebat turun, kondisi pendangkalan selokan yang semakin parah, kondisi jalan yang sering kotor, dan recovery bangunan yang rusak yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Hal itu membuat Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Ranupani mengambil peran penting untuk mempelopori  gerakan tanam 1000 pohon di desa Ranupani bersama 26 komunitas/lembaga yaitu IHave , Baitul Maal At-Taubah, Corre, BBTNBTS, ACA Peduli, LFU Surabaya, PGMI Lumajang, Moutaineer, Lazismu Lumajang, Lumajang Mengaji, Kopis Industri, Dharma  Wanita Lumajang, Lumajang Jimny Community, MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang, Semut Peduli Lumajang, Sahabat UT Lumajang, F-KOl, Pafofa SMAN 1 Lumajang, Mega Semeru, PMI Lumajang, DLH Kabupaten Lumajang, Pemdes Ranupani, PSHT Ranting Senduro, dan GTI TC Lumajang.

Menjalankan Perintah Nabi Muhammad SAW untuk  menanam Pohon 

"Dari sahabat Anas RA , Rasulullah SAW bersabda yang artinya tiada seorang muslim yang menanam pohon atau menebar bibit tanaman, lalu (hasilnya) dimakan oleh burung atau manusia , melainkan ia akan bernilai sedeka bagi penanamnya. " (HR. Bukhari, Muslim, dan At- Tirmidzi).

Pada prinsipnya kegiatan gerakan tanam 1000 pohon di desa Ranupani diawali untuk menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dukungan dari komunitas meliputi dukungan donasi, dukungan partisipasi penanaman bibit, dan juga partisipasi video kampanye pentingnya menanam pohon. 

Dokpri
Dokpri

Melestarikan Keanekaragaman Hayati di Desa Ranupani 

Desa ranupani tergolong sebagai desa enklave  dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS). Wilayah pemukiman warga masyarakat dikelilingi oleh lahan pertanian dan berbatasan langsung hutan. 

Mata pencaharian masyarakatnya mayoritas adalah petani. Keberadaan Hewan yang dulu sering ditemui diladang warga masyarakat mulai jarang ditemui, misalnya kicau burung-burung, kijang, dll. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun