Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Asyiknya Bersekolah di MIDA Ranupani, 5 Alasannya Simak di Sini.

15 September 2022   13:50 Diperbarui: 15 September 2022   14:07 152 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ranupani - Berdirinya lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda (MIDA) Ranupani tentu menjadi sorotan banyak pihak, terlebih desa Ranupani dinobatkan sebagai 50 Desa Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 lalu. Selain karena lokasi madrasah yang sangat indah, masih banyak lagi keunggulan madrasah ini yang menarik untuk kita telusuri, apa saja ya?.

1. Bertempat di Kaki Gunung Semeru yang Sejuk dan Asri.

Masyarakat Suku Tengger bertempat tinggal disekitar gunung Semeru dan gunung Bromo. Dengan pemandangan yang indah, kawasan yang sangat memanjakan mata. Gunung Bromo memiliki cerita peradaban historis bagi masyarakat suku tengger. Gunung Semeru juga dikenal sebagai tempat bersemayamnya Para Dewa.

2. Tenaga Pengajar yang Profesional

MIDA Ranupani memiliki jam belajar mulai pukul 08:00 WIB sampai pukul 14:30 WIB. Dengan diterapkan pembagian kelas dan juga pengawasan sesuai dengan aktivitas sesuai umurnya, membimbing, dan memberikan penilaian. Siswa memiliki waktu yang cukup panjang untuk menerima pelajaran sesuai SOP (standart operasional prosedur), waktu istirahat, jam makan bersama, jadwal cek kesehatan, dan juga pengenalan komputer juga penggunakan handphone untuk hari-hari tertentu.

Dokpri
Dokpri

3. Pembelajaran Ulumul Quran, Tajwid, dan dasar Ulumudin Berbasis Kitab Pesantren.

Belajar di MIDA Ranupani jga wajib mengikuti pelajaran Diniyah. Kitab yang dipelajari yaitu Akidatul Awwam, Hafalan Juz Amma,  Kitab Taklim Mutaklim, dan juga pelajaran penulisan Huruf Pegon. Siswa diberikan kitab khusus sebagai tugas tambahan dalam penulisan huruf arab dan tata cara penggunaannya.

Dokpri
Dokpri

4. Ektrakulikuler Pildacil dan Jurnalis Cilik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan