Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Semarak Milad ke-3 MI Ranupani di Hari Raya Idul Adha 1443 H

13 Juli 2022   08:26 Diperbarui: 13 Juli 2022   08:46 322 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ranupane - Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Ranupani (Mida Ranupani) memiliki 2 agenda penting di bulan Dzulhijjah 1443 H ini. Selain ikut melaksanakan penyembelihan 17 hewan kurban, dibulan ini bertepatan juga dengan MIlad Ke 3 MI Ranupani. Serangkaian kegiatan ini mendapatkan dukungan dari berbagai lembaga lainnya yaitu PKBM At-Taubah, Kaji Brewok Grup, IHave At-Taubah, IPSI, Lumintu Store Malang ID, KKN IPB University, dan PGMI Kabupaten Lumajang.

Dok.baitul maal at taubah
Dok.baitul maal at taubah

Kegiatan dimulai dengan berdoa bersama masyarakat suku tengger, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Yayasan Jabal Rahmah Ranupani Bapak Masyudi. 

" Bapak-Ibu serta hadirin sekalian yang berbahagia. ucapan tahmid dan tasyakur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena kita semua diberi kesampatan oleh-Nya hidup dimuka buminya sehingga kita semua masih dapat bertemu dengan Hari Raya Qurban 1443 H ini. Semoga seluruh kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semua adalah karunia Allah SWT melalui kelapangan hati para hadirin undangan sekalian yang berperan aktif dan seluruh panitia serta semua pihak yang turut andil dalam pelaksanaan kegiataan ini. Melalui kesempatan ini saya ingin kita semua memahami pentingnya ruang pertemuan kita dalam lingkup kemajuan pendidikan yang ada di desa Ranupani. Maju bersama suku tengger."

Sejak berdiri di tahun 2019 jejak perkembangan pendidikan di Ranupani perlahan mulai menemuhi jalan terang. Kontribusi madrasah dirasakan membawa dampak positif untuk masjid dan mushola yang ada di desa Ranupani. Siswa-siswi Madrasah memiliki partisipasi aktif memakmurkan masjid melalui jadwal rutin Adzan, Mengaji, & sholat berjamaah. Madrasah juga selalu menjadi yang terdepan dalam pelestarian budaya suku tengger. Madrasah mewajibkan setiap siswanya untuk mengikuti kegiatan Adat Istiadat yang ada di Desa Ranupani. Bahkan pada setiap hari Kamis pada saat proses belajar-mengajar di madrasah mida ranupani tampak siswa-siswi yang memakai udeng, jarik, dan baju adat yang tentunya menjadi ciri khas tersendiri dari madrasah ibtidaiyah pada umumnya. Kegiatan Bakti sosial (baca : Peduli Lingkungan Desa Ranupani ) pada saat Hari Raya Karo Suku Tengger (baca : Hari raya Karo Suku Tengger), Kegiatan madrasah lainnya (baca : Paduan Suara Walimurid Hong Ulun Basuki Langgeng) dan juga kegiatan diskusi dengan berbagai tokoh-tokoh pendidikan dari berbagai kota besar di indonesia.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Keseruan kegiatan ini juga tampak dari wajah siswa-siswi Mida Ranupani yang aktif dalam menggiring kambing kurban menuju tempat penyembelihan. Rundown kegiatan mereka yang padat dihari ini tidak menyurutkan semangat untuk terlibat dalam nuansa syiar ukhwah islamiyah Pentingnya Berkurban di hari Raya idul Adha. Walimurid Mida Ranupani juga terlibat langsung dalam kegiatan ini. Pelajaran penting untuk meneladani dan menghidupkan kisah Nabi Ibrahim AS tentunya juga mengagungkan syiar syariat Allah SWT. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

" Diusia MIDA Ranupani yang ke 3 ini, semoga mampu tumbuh luar biasa. Menjadi madrasah penuh kesejukan di terik siang. Menjadi Madrasah yang hangat ditengah embun pagi hari. Madrasah yang berani menyapa semesta dengan hati tersenyum. Milad ke 3 Mida Ranupani, Alhamdulillah Sukses. Jabat erat, Salam Hangat. kurban dapat tersebar menjadi 110 bungkus, kita terharu dalam ruang hati bahagia yang dapat dirindukan. Ini menjadi kisah klasik untuk masa depan." Ujar Kepala Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Ranupani Hawin Fizi Balaghoni, SP.d

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan