Mohon tunggu...
MI Thoriqul Huda
MI Thoriqul Huda Mohon Tunggu... Guru - Pusat Riset dan Pengembangan Data

Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ranupani, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Inovasi Pembelajaran Outdoor Class MI Thoriqul Huda Ranupani di Ranu Regulo Lumajang

29 Juli 2021   04:06 Diperbarui: 29 Juli 2021   04:17 112 1 0 Mohon Tunggu...

Hari ini (28/07/2021) Belajar tidak harus hanya duduk rapi di dalam kelas. Belajar juga butuh ruang terbuka untuk merasakan nikmat alam semesta yang penuh dengan keindahan-Nya. Inovasi pembelajaran ini sudah menjadi rutinitas di MI Thoriqul Huda Ranupani kabupaten Lumajang Jawa Timur. 

Ranu Regulo menjadi tempat untuk memulai inovasi belajar hari ini. Tujuan utama dari kegiatan adalah tadabbur alam. " Untuk membentuk mentalitas yang bagus, dan untuk menciptakan suasana belajar yang unik dengan outdoor class siswa MI Thoriqul Huda Ranupani harus berani berbeda dengan lembaga lainnya. Kita hidup di desa, konsep si bocah petualang sangat tepat untuk dikembangkan guna menumbuhkan sisi kreativitas individu masing-masing." ujar Hawin Fizi Balaghoni S,Pd selaku kepala madrasah MI Thoriqul Huda Ranupani.

dokpri
dokpri
Kegiatan diawali dengan Berdoa bersama, lalu senam untuk menghangatkan badan. Pada bulan Juli - September suhu udara di desa Ranupani menjadi lebih dingin dari biasanya. Dengan ketinggian diatas 2400 mdpl kawasan desa Ranupani memiliki banyak bukit-bukit yang dimanfaatkan untuk ladang pertanian kentang, kubis, bawang prei, dsb. Mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah petani. 

dokpri
dokpri
Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang memiliki 3 Danau yang menjadi sorotan para pecinta alam nusantara. Pertama Ranu Pani, Kedua Ranu Regulo, dan Ketiga Ranu Kumbolo yang berada di jalur pendakian gunung Semeru. Keberadaan MI Thoriqul Huda Ranupani yang memiliki latar pemandangan alam eksotis menjadi daya tarik tersendiri yang begitu luar biasa.

dokpri
dokpri
Selanjutnya kegiatan outdoor class adalah mengerjakan soal-soal di buku tugas. Guru menginstruksikan agar siswa tetap fokus dan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang butuh bantuan. Kedekatan Guru dan Siswa menjadi lebih erat terjalin sebab tercipta suasana belajar yang ramah pada psikologi anak.

dokpri
dokpri
Belajar Outdoor Class di Ranu Regulo membuat baik guru dan siswa mendapatkan keadaan nyaman, rileks, dan penuh perenungan begitu indah alam ciptaan Allah SWT. " Tidak ada yang sia-sia dengan mencoba inovasi belajar di luar kelas, belajar harus menyenangkan dan rekreatif." ujar Ermawati S,Pd selaku guru kelas.

Alam semesta adalah hamparan tempat bersujud kita kepada Allah SWT. Dengan bersyukur dan menempatkan diri sebagai hamba yang berharap ridho Allah SWT kita dapat mencapai ketenangan jiwa. MI Thoriqul Huda Ranupani selalu mendorong civitasnya agar menggali potensi yang ada di lingkungan sekitar agar memperoleh manfaat jasmani dan rohani.

Salam kemajuan pendidikan di kaki gunung semeru, ranupani - lumajang, Jawatimur.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x