Mohon tunggu...
Muhammad Ali
Muhammad Ali Mohon Tunggu... Berdaulat Atas Diri Sendiri

Jiwa yang bahagia memiliki hati yang slalu bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mereka Ingin Glow Up , Saya Ingin Grow Up !

19 Desember 2020   16:21 Diperbarui: 4 Februari 2021   13:59 744 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mereka Ingin Glow Up , Saya Ingin Grow Up !
Grow Up!

Halo Kompasianer! Selamat datang kembali. Semoga kita semua selalu diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. 

Lama sudah kita tak berjumpa dengan segala pembahasan yang tak ada hentinya. Dalam artikel ini saya akan menceritakan sedikit perihal diri saya sendiri. Sesuai dengan apa yang saya alami , mungkin ini lebih cenderung ke arah mengapa saya bekerja sekaligus kuliah di salah satu perguruan tinggi yakni, STIAMAK Barunawati Surabaya. Sebenarnya apa sih yang melatarbelakangi atau motivasi apa yang membuat saya mengambil suatu keputusan itu? Mengapa juga harus memilih untuk kuliah di STIAMAK Barunawati Surabaya? 

Mengapa?

"Suatu keputusan yang diambil , akan menentukan jalan hidup seseorang"Saya pikir saya setuju dengan kalimat tersebut. Iya, memang begitu adanya. Mungkin untuk saat ini saya belum bisa sepenuhnya merasakan dampak dari kalimat tersebut. Namun, disisi lain saya merasakan seperti ada suatu perkembangan dalam hidup saya. Terutama dalam relasi atau hubungan. Dari relasi atau hubungan yang saya bangun dengan orang lain memberikan dampak yang signifikan di dalam kehidupan saya. Saya pun memahami bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang dimana seseorang pasti membutuhkan keluarga atau teman. Layaknya teori yang dikemukakan oleh seorang psikolog dan konsultan asal Amerika yakni, Clayton Alderfer (1940-2015) terkait teori-teori motivasi. Dalam teori ERG (Existance-Relatedness-Growth) yang Clayton buat , teori tersebut merupakan teori alternatif terhadap teori Hirarki yang dibuat oleh Abraham Maslow (1908-1970). Didalam teori ERG , ada 3 kebutuhan manusia yaitu :

  • Kebutuhan Eksistensi (Existence needs) yaitu kebutuhan akan pemenuhan faktor fisiologis dan Materialistis termasuk kebutuhan akan rasa aman.
  • Kebutuhan Hubungan (Relatedness needs) yaitu kebutuhan untuk memiliki hubungan dengan orang lain.
  • Kebutuhan Pertumbuhan (Growth needs) yaitu kebutuhan atau keinginan untuk bertumbuh dan mencapai potensi diri secara maksimal.

ERG Theory
ERG Theory

 Dari ketiga kebutuhan tersebut hanya ada 2 yang relevan dengan apa yang saya alami atau saya rasakan. Yakni, Relatedness needs dan Growth needs. Ya, itu memang benar. Karena dengan memiliki hubungan baik dengan orang lain kita akan mendapatkan suatu experience atau pengalaman yang membuat kita bertumbuh dan berkembang serta mencapai potensi diri secara maksimal.

Tidak hanya teori motivasi ERG yang dikemukakan oleh Clayton Alderfer yang sangat relevan dan berpengaruh dengan kehidupan saya. Namun, teori Hirarki yang dikemukakan oleh Abraham Maslow juga ikut andil. Di dalam teori tersebut ada 5 kebutuhan manusia berdasarkan hirarkinya. Namun, yang relevan hanya ada 3 kebutuhan , yaitu :

  • Kebutuhan Fisiologis (Physiological needs), yaitu kebutuhan terhadap makanan, minuman, air, udara, pakaian, tempat tinggal dan kebutuhan untuk bertahan hidup. Kebutuhan Fisiologis merupakan kebutuhan yang paling mendasar.
  • Kebutuhan Sosial (Social needs), yaitu kebutuhan untuk dicintai dan mencintai. Manusia merupakan makhluk sosial, Setiap orang yang hidup di dunia memerlukan keluarga dan teman.
  • Kebutuhan Aktualisasi diri (Self-Actualization), Kebutuhan ini merupakan kebutuhan tertinggi menurut Maslow, Kebutuhan Aktualisasi diri adalah kebutuhan atau keinginan seseorang untuk memenuhi ambisi pribadinya.

Maslow's Hierarchy of Needs
Maslow's Hierarchy of Needs

Lalu, mengapa STIAMAK Barunawati Surabaya yang justru saya ambil sebagai perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan saya? Ya, menurut saya inilah keputusan terbaik yang bisa saya ambil. Karena STIAMAK Barunawati Surabaya merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menekuni sektor kepelabuhanan. Dan disamping itu juga, pekerjaan saya relevan dengan program studi yang ada pada perguruan tinggi tersebut. Saya pun yakin dengan diri saya bahwa saya memiliki potensi dalam bidang kepelabuhanan. Maka dari itu mengapa saya memilihnya. Sebagai penutup, saya akan mengutip quotes dari salah satu tokoh dunia favorit saya. Yakni, Mohandas Karamchand Ghandi atau yang biasa kita kenal sebagai Mahatma Gandhi. Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Ia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. 

Gandhi berkata,"Mungkin kamu tidak tahu pasti dari tindakanmu. Tapi kalau kamu tidak bertindak. Dipastikan tidak akan pernah ada hasil."

(19/12/2020 , STIAMAK_Mukhammad Ali)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x