Mohon tunggu...
Amira Rahma
Amira Rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa

Musik, komik, dan anime. Hiburan di tengah penat.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mendukung Upaya Pencegahan Covid-19 Melalui Kegiatan KKN Tematik

25 Juni 2020   23:55 Diperbarui: 25 Juni 2020   23:53 83 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendukung Upaya Pencegahan Covid-19 Melalui Kegiatan KKN Tematik
Sejumlah warga Kota Tasikmalaya bermain bola di tengah jalan saat pandemi COVID-19

Pada tanggal 31 Maret 2020, Pemerintah Indonesia menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) No.21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 

Dalam PP No.21 Tahun 2020 tertulis bahwa PSBB paling sedikit meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. Hal ini mengakibatkan sebagian besar tempat kerja di Indonesia meliburkan pegawainya. 

Dari bunyi penggalan isi dari PP tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa PSBB ini bertujuan untuk membuat masyarakat melakukan kegiatannya dari dalam rumah. Namun ternyata, masih banyak ditemukan kasus pelanggaran tata tertib PSBB di banyak daerah di Indonesia salah satunya Kota Tasikmalaya.

Karena PSBB yang diberlakukan di Kota Tasikmalaya tidak membuahkan hasil yang sangat sukses, pemerintah Kota Tasikmalaya memperpanjang waktu PSBB di Kota Tasikmalaya. 

Melihat situasi ini, tindakan untuk melawan COVID-19 tentu sangat diperlukan oleh seluruh pihak terutama masyarakat.  Dengan adanya protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan upaya pencegahan COVID-19, masyarakat seharusnya paham dan mematuhinya agar penularan COVID-19 bisa terhenti.

Salah satu pihak yang saat ini mendukung upaya perlawanan terhadap penyebaran COVID-19 adalah perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan adaptasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2020 bagi mahasiswanya dengan pandemi COVID-19. Program yang mengambil tema “Edukasi Pencegahan COVID-19” ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UPI dalam percepatan pencegahan penularan pandemik COVID-19 (KOMPAS.com, 2020). 

Sebagian besar kegiatan KKN Tematik berjudul “Pencegahan COVID-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar” yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI ini bertujuan untuk membantu sekaligus mempercepat proses pencegahan COVID-19 di Indonesia terutama di lingkungan tempat tinggal mahasiswanya.

Pada tanggal 17 Mei 2020, penulis secara resmi telah memulai kegiatan KKN Tematik Pencegahan COVID-19 UPI yang dilaksanakan di RT 01 RW 02 Kelurahan Cikalang, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Ada beberapa program menarik yang menjadi fokus utama penulis sebagai rangkaian kegiatan KKN salah satunya adalah pembuatan media edukasi daring berupa gambar atau video bagi masyarakat melalui media sosial.

Untuk mendukung kegiatan edukasi secara daring tersebut, penulis membuat sebuah akun instagram @diary.covid19 dan sebuah group chat di WhatsApp. Pembuatan materi edukasi yang dipublikasikan ke akun @diary.covid19 menuntut penulis untuk kreatif dalam membuat gambar juga merangkai kata-kata. 

Dalam pelaksanaannya, penulis mendapat banyak pengalaman berharga salah satunya adalah belajar menyunting gambar agar menarik untuk dilihat dan dibaca oleh semua orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN