Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya, bagian hidup saya

Goweser, Traveller

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Dulu Guruku, Kini Partner Kerjaku

30 November 2021   19:04 Diperbarui: 1 Desember 2021   05:26 154 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Guru Mengajar | Sumber: Shutterstock

Tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Guru. Peringatan ini merupakan wujud terima kasih dari pemerintah pusat kepada guru atas jasa guru dalam pendidikan di negara tercinta.

Dulu ketika menjadi murid sekolah, yang saya tahu tugas seorang guru hanyalah mengajar dan sebagai wali kelas saja yang tugasnya adalah sebagai orang tua kita di kelas. 

Namun setelah saya bekerja di sekolah, ternyata tugas guru itu tidak hanya mengajar namun juga banyak tugas lain yang harus dikerjakan sebagai seorang guru. 

Bahwa guru tidak hanya mengajar namun juga harus bisa menilai, melatih dan mengevaluasi anak didiknya dalam pelajaran maupun membimbing dan mengarahkan anak didiknya untuk mempunyai sikap dan budi pekerti yang baik. 

Selain itu selain mengajar dan mendidik siswa, guru juga sering kali diberikan tugas tambahan lainnya entah itu sebagai wakil kepala sekolah hingga pembina ekstakurikuler, menjadi panitia utama kegiatan sekolah maupun membuat administrasi pembelajaran yang sangat banyak format pembelajarannya. Karenanya memang benar adanya jika dikatakan bahwa menjadi guru adalah salah satu pekerjaan yang punya dedikasi tinggi sehingga layak diapresiasi dengan baik juga oleh pemerintah.

Guru mengajar murid | Sumber: Getty Images/iStockphoto
Guru mengajar murid | Sumber: Getty Images/iStockphoto

Di masa pandemi khususnya, tugas guru tidaklah mudah. Mereka harus mengajar lewat aplikasi online, membuat lagi berbagai macam administrasi pembelajaran yang harus disesuaikan di masa pandemi, harus berinovasi agar murid-muridnya tetap mau mengikuti pembelajaran secara online sambil melakukan pembelajaran yang aturannya sudah diterapkan oleh dinas pendidikan daerah setempat. Karenanya betapa pentingnya kita menghormati guru kita dan tidak melupakan jasanya karena tugas guru tidaklah mudah. 

Bercerita tentang kenangan bersama guru, rasanya terlalu banyak untuk diceritakan apalagi saya akhirnya bekerja di dunia pendidikan yang tugas utamanya membantu guru dan sekolah dalam hal administrasi dan manajemen sekolah. Dan pastinya cerita saya ini akan sama dengan cerita teman-teman yang kini bekerja di dunia pendidikan.

Dulu ketika saya masih menjadi murid, setiap upacara hari Senin tentunya saya berada di barisan para murid dan di depan barisan kami adalah para guru maupun staf. 

Belasan tahun kemudian saya ada di barisan depan bersama guru-guru saya ketika upacara bendera. Bahkan upacara bendera dipimpin oleh kepala sekolah yang tak lain adalah guru saya yang ketika saya SMP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan