Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - ASN di Purwakarta yang jatuh hati dengan dunia kepenulisan dan jalan-jalan

Menulis adalah panggilan hati yang Tuhan berikan. Caraku bermanfaat untuk orang banyak adalah melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kecipratan Voucher di Hari Kuliner Nasional

28 Mei 2018   11:03 Diperbarui: 30 Mei 2018   10:30 552
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GOJEK adalah aplikasi paling sering saya gunakan di smartphone saya selain tentunya aplikasi media sosial. Mulai download dari tahun 2014, aplikasi angkutan ini sangat berguna sekali buat saya yang sering melakukan kegiatan di Jakarta. Sebagai anak daerah yang tidak tahu jalan di Jakarta, keberadaan GOJEK memudahkan saya untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain tanpa takut tersesat dan hanya sekali naik. Sebelum ada aplikasi GOJEK untuk menuju suatu tempat harus berganti-ganti angkutan belum lagi kadang angkutan umum di Jakarta belum terlalu aman dan sering terjadi pencurian. Aplikasi GO RIDE dan GO CAR memudahkan aktivitas saya di Jakarta.

Aplikasi GOJEK juga tidak hanya di kota besar tapi juga di kota kecil. Keberadaan GOJEK di kota tempat saya tinggal, Purwakarta dari bulan agustus 2016 sangat membantu saya sekali dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Setiap hari kalau ngantor saya selalu menggunakan GO RIDE begitu juga kalau saya lapar biasanya saya mencari yang praktis yaitu dengan pesan makanan lewat layanan GO FOOD. Begitu juga ketika saya kehabisan paket data internet saya, saya tinggal beli paket data di aplikasi GO PULSA.  Karena sering menggunakan aplikasi GOJEK pula setiap bulannya saya menganggarkan dana untuk mengisi GO PAY

GOJEK yang didirikan oleh Nadim Makarim tahun 2010 dengan karyawan dan pengemudi yang berjumlah hanya 20 orang. Kini 8 tahun kemudian, GOJEK telah menjadi perusahan aplikasi angkutan terbesar di Indonesia yang mampu menyerap tenaga kerja terbanyak di Indonesia. Saat ini sudah lebih dari satu juta pengemudi terdaftar di GOJEK dengan rincian delapan ratus ribu driver motor (GO RIDE) dan dua ratus ribu driver mobil (GO CAR) tersebar di 100 kota besar maupun kecil di Indonesia dan aplikasi GOJEK sudah didownload oleh lebih dari 10 juta orang. (Nadiem Makarim di Mata Najwa On Stage, Mei 2018).

Pada bulan April tahun 2015, GOJEK meluncurkan layanan GO FOOD yang merupakan layanan pesan - antar makanan yang dapat memudahkan para pengguna aplikasi GOJEK dalam memesan makanan. Sudah lebih dari 150 ribu  UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) kuliner yang terdaftar sebagai merchant GO FOOD dan jelas sekali bahwa layanan ini sangat membantu pengguna, pengemudi maupun UMKM yang terdapat pada aplikasi GO FOOD.  

Khusus untuk mitra GO FOOD, mengalami peningkatkan transaksi sebanyak 82% setelah bergabung di GO FOOD dan 43% mengalami peningkatan omzet usahanya. Peningkatan penjualan juga dirasakan oleh sahabat saya yang memiliki bisnis kuliner. Dia mendaftarkan tiga usaha kulinernya pada aplikasi GO FOOD dan menurut sahabat saya, omzetnya mengalami peningkatan sekitar 20% setelah bergabung dengan GO FOOD. Sangat membantu sekali pastinya khususnya bagi pengusaha UMKM.

Lewat Layanan GO FOOD nya, aplikasi angkutan berbasis Online GOJEK tahun ini mengadakan Hari Kuliner Nasional ( HARKULNAS ) yang merupakan pesta kuliner pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan di tahun ini. Acara yang dimulai pada tanggal 05  Mei 2018 berlangsung di 11 kota di Indonesia yaitu Surabaya, Meedan, Jogjakarta, Makasar, Bandung, Semarang, Palembang, Bali, Solo, Malang dan Jabodetabek. Ada  lebih dari 7.000 merchant berpartisipasi di HARKULNAS tahun ini.

Saya sendiri di Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) kecipratan dapat beberapa voucher. Gak nyangka juga sih bakalan dapat voucher apalagi sekali kecipratan dapatnya tiga. Awalnya saya mendapat tiga voucher dari satu rumah makan di daerah Tebet Jakarta Selatan yang kebetulan kalau saya di jakarta beberapa kali pesan GO FOOD di rumah makan itu. Sayangnya voucher itu tidak dapat saya gunakan karena saya berada di Purwakarta, jadinya voucher itu pun tidak dapat digunakan. Seminggu lalu, alhamdulillah saya mendapat lagi voucher makan dari D'Cost Revo Town Mall Bekasi. Karena ingin ikut menikmati euphoria HARKULNAS, kemudian saya gunakan vocuher itu ketika berkunjung ke rumah kakak di Bekasi. Voucher yang saya dapat seharga Rp. 17.000,- . voucher tersebut kemudian saya tukarkan dengan membeli Paket Delivery seharga Rp. 24.000,-. Jadi untuk membeli paket itu saya hanya membayar kekurangannya dan ongkos kirim yang jumlahnya tidak lebih dari Rp. 10.000,- . Sangat murah untuk menikmati makanan enak dengan membayar kurang dari Rp. 10.000,-

Dokpri
Dokpri
Semoga saja HARKULNAS ini yang rencananya akan dilangsungkan tiap tahun akan lebih banyak lagi merchant yang ikut dan juga tidak hanya dilaksanakan di kota besar tapi juga di kota kecil sehingga pengguna aplikasi GOJEK di kota kecil bisa ikut merasakan euphoria Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) dengan menikmati voucher dan potongan harga ketika membeli lewat aplikasi GO FOOD.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun