Mohon tunggu...
Miranti Puspaningtyas
Miranti Puspaningtyas Mohon Tunggu... Hakuna Matata

Hakuna Matata

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Langkah Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Media Ajar

21 November 2020   05:31 Diperbarui: 21 November 2020   05:56 45 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Langkah Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Media Ajar
dok. pribadi

SMKN 1 Nglegok - Kondisi pandemi COVID19 yang melanda Indonesia pada awal Tahun 2020 membuat situasi dalam segala bidang mengalami perubahan yang sangat signifikan. Tidak hanya sektor ekonomi, kegiatan di bidang pendidikan pun juga ikut terganggu.

Pengumuman pemerintah untuk melakukan Pembatasan Sosial Ber-skala Besar atau yang dikenal dengan singkatan PSBB mengharuskan aktivitas masyarakat dilakukan di rumah masing-masing. Hal ini mengubah tatanan pekerjaan secara drastis, sehingga banyak sekali orang yang menunda sementara pekerjaan atau menghentikan pekerjaannya.

WHO memberikan himbauan pencegahan penyebaran Covid-19 untuk menghentikan acara-acara yang dapat menyebabkan massa berkerumun. Sehingga, pembelajaran tatap muka yang mengumpulkan banyak mahasiswa di dalam kelas ditinjau ulang pelaksanaanya dengan melakukan pembelajaran daring.

Kegiatan Pengabdian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Nglegok secara tatap muka pada tangal 24 September 2020 bertempart di Ruang Multimedia SMK Negeri 1 Nglegok Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh 8 orang peserta termasuk di dalamnya Kepala SMK Negeri 1 Nglegok.

Tim Panitia yang berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun. sebagai ketua PKM, Satia Nur Maharani, SE., M.SA, Ak., Setya Ayu Rahmawati SE., M.SA., Ria Zulkha Ermayda, S.ST. sebagai anggota.

Acara pelatihan tatap muka dimulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 dan berjalan dengan lancar. Kegiatan Pengabdian dimulai dengan Sambutan Kepala SMK Negeri 1 Nglegok sekaligus membuka acara.

Pemaparan materi dimulai dari penjelasan paradigma pembelajaran jarak jauh dan faktor psikologis seorang siswa dalam menghadapi kondisi yang baru. Kebutuhan akan media pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang diinginkan guru dan diharapkan oleh siswa.

Media Pembelajaran interaktif dan kreatif diperlukan ditengah Pandemi Covid19 untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Pelatihan Media Pembelajaran di SMKN 1 Nglegok Blitar (dok. pribadi)
Pelatihan Media Pembelajaran di SMKN 1 Nglegok Blitar (dok. pribadi)

VIDEO PILIHAN