Mohon tunggu...
EGOST
EGOST Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Angin

4 Maret 2019   12:40 Diperbarui: 4 Maret 2019   13:15 204 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Angin
Dok. Pribadi

Buys Ballot adalah seorang ahli ilmu cuaca dari perancis , menyatakan bahwa " Angin adalah udara yang bergerak karena perbedaan tekanan, dari daerah udara bertekanan minimum ,kemudian angina berbias/berbelok ke kanan di belahan bumi utara dan berbias ke kiri di belahan bumi selatan." Pembiasan arah angin itu di sebabkan adanya rotasi bumi dari arah barat kea rah timur.

Selain hukum Buys Ballot ,juga di pertegas dengan hukum Farrel : " Angin yang bergerak di belahan bumi utara jika mencapai garis khatulistiwa , karena gaya Coriolis akan membelok ke kanan . sebaliknya,angin yang berupa badai ini terlihat dari satelit geostasioner bentuknya seperti spiral ." jadi kalau terjadi di belahan bumi selatan akan searah dengan jarum jam , sedangkan di belahan bumi utara berlawanan dengan arah jarum jam"

Secara umum gerakan udara (angin) dibedakan di atas ,adveksi,konveksi dan turbulensi .Secara horizontal ,gerakan angina terjadi,misalnya Angin pasat, Angin barat , Angin timur dan lain sebagainya . Wilayah khatulistiwa menjadi pusat tekanan udara rendah,sehingga terjadi angina Pasat Timur Laut dan Angin Pasat Tenggara yang berbentuk secara horizontal , bertemu dan di paksa naik secara vertical . Gerakan massa udara secara vertical ini di sebut konveksi. 

Ditulis oleh :Nama : Tasya Ainaya Salsabila

Kelas : XII MIPA 3

VIDEO PILIHAN