Mohon tunggu...
EGOST
EGOST Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Underwater Rivers

22 Februari 2019   12:39 Diperbarui: 22 Februari 2019   13:40 94 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Underwater Rivers
Dok. Pribadi

Dalam kehidupan sehari -- hari air selalu ada di sekitar kita. Ada yang berupa sungai, danau, laut, semua itu merupakan suatu tempat yang berbeda, baik itu dalam jenis airnya atau dimana mereka berada. Tapi bagaimana jika sungai dan laut terjadi di dalam suatu tempat yang sama? Pasti ini merupakan sebuah fenomena yang mustahil. Tapi,ada loh di suatu tempat di dunia yang memiliki fenomena itu, yaitu di cenote angelita, mexico.

Fenomena itu pertama kali ditemukan oleh Mr.Contedu, dimana beliau menemukan suatu keanehan, bahwa didalam lau terdapat air tawar yang tidak tercampur dengan air laut. Apabila di lihat dari daratan, angelita terlihat seperti lobang kolam renang biasa, tetapi ketika kamu menyelam di kedalaman hamper 33 meter, kamu dapat melihat sungai dibawah laut ini. Fenomena ini terjadi karena lubang tersebut dipenuhi dengan air hujan, dimana kita tahu bahwa air sungai itu merupakan air tawar. Sungai ini terjadi Ketika air tawar bertemu dengan air asin. Ada beberapa fakta mengenai fenomena sungai dibawah laut ini:

  1. Adanya kepadatan air tawar yang tinggi, hal ini yang menyebabkan terjadinya dinding pemisah antara air asin dan air tawar.karena dinding itu air tawar dan air asin tidak akan bercampur.
  2. Sungai dibawah laut ini terjadi karena akibat fenomena halocline. Pada zona halocline kedalaman zona akan memperngaruhi kadar garam yang ada di laut berubah dengan cepat seiring dengan pertambahan kedalamannya. Karena perubahan ini lah yang menyebabkan adanya kepadatan air sehingga menyebabkan adanya dinding pemisah antara air tawar dan air asin.
  3. Para peneliti melarang keras agar tidak dating ke sungai ini. Karena sungai di dala laut ini sangat gelap dan banyak kandungan gas hydrogen sulfida yang dapat membahayakan para penyelam yang mau melihat fenomena ini. Dan karena sungai ini juga berada di kedalam 60 meter sehingga memiliki tekanan yang sangat berat. Karena hal itu para peneliti melarang untuk mendekati sungai di bawah laut ini.

Penemuan ini merupakan sebuah fenomena yang sangat menarik dan menggembarkan dunia. Walaupun ada beberapa yang tidak percaya dan mengatakan sungai dibawah laut ini merupakan lapisan dari gas hydrogen sulfide dan bukanlah air tawar.tapi ini semua adalah kepercayaan kita masing -- masing mau percaya atau tidak. Tapi ada satu hal yang pasti, yaitu fenomena ini merupakan salah satu keagungan Tuhan.

Ditulis oleh :

Nama : Suci Rochanisa

Kelas : XII MIPA 3

VIDEO PILIHAN