Mohon tunggu...
EGOST
EGOST Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengamati Gerhana Matahari

22 Februari 2019   02:15 Diperbarui: 22 Februari 2019   02:32 21 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengamati Gerhana Matahari
Dok. Pribadi

Pengguanaan kaca mata until menyaksikan gerhana tidak aman karena tidak menyaring radiasi infra merah yang dapat merusak retina mata, karena cepatnya peredaran bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7menit dan 58 detik, sehingga pengamatan sebaiknya dilakukan segera mungkin.Pada saat gerhana matahari berlangsung karena mengakibatkan kerusakan permanen pada retina mata akibat radiasi tinggi yang tidak terlihat yang di pancarkan dari fotosfer.

Gerhana matahari ada 4 macam. Pertama, gerhana matahari total pada saat ini bulan akan menutup seluruh cahaya matahari yang mengakibatkan daerah yang mengalaminya yangmenjadi gelap total. Kedua, gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan bulan saat puncak matahari ketiga, gerhana matahari cincin yang terjadi bila ukuran piringan belum lebih kecil dari piringan matahari yang berada di sekeliling piringan bulan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Terakhir, gerhana matahari hibrida yang merupakan transisi antara gerhana matahari total Dan gerhana matahari cincin yang mengakibatkan disatu titik gerhana ini muncul sebagai gerhana matahari total.

Ditulis oleh :

Nama : Tiara Palentin
Kelas : XII MIPA 3

VIDEO PILIHAN