Mohon tunggu...
Minten Ayu Larassati
Minten Ayu Larassati Mohon Tunggu... -

Study: Univ.Muhammadiyah Surakarta. Menjadi pribadi yang bersemagat dan senag menemukan hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Prinsip dan Dimensi Pendidikan Multikultural

22 Januari 2012   10:22 Diperbarui: 25 Juni 2015   20:34 6054
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Terdapat tiga prinsip pendidikan multikultural yang dikemukakan oleh Tilaar (2004). Pertama, pendidikan multikultural didasarkan pada paedagogik kesetaraan manusia (equity pedagogy). Kedua, pendidikan multikultural ditujukan kepada terwujudnya manusia Indonesia yang cerdas dan mengembangkan pribadi-pribadi Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dengan sebaik-baiknya. Ketiga, prinsip globalisasi tidak perlu ditakuti apabila bangsa ini mengetahui arah serta nilai-nilai baik dan buruk yang dibawanya.[1] Prinsip yang disampaikan oleh Tilaar sudah dapat mengambarkan bahwa arah dari pendidikan multikultural, yaitu untuk menciptakan manusia yang terbuka terhadap perkembagan zaman dan keragaman beberapa aspek dalam kehidupan yang modern ini.

Mengenai dimensi pendidikan multikultural, James A.Banks menjelaskan bahwa pendidikan multikultural memiliki lima dimensi. Pertama, Content Integration, mengintegrasikan berbagai budaya dan kelompok untuk mengilustrasikan konsep mendasar, generalisasi dan teori pada mata pelajaran/disipin ilmu. Kedua, The Knowledge Construction Process, membawa siswa untuk memahami implikasi budaya ke dalam sebuah mata pelajaran (disiplin). Ketiga, An Equity Paedagogy, menyesuaikan metode pengajaran dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa yang beragam baik segi ras, budaya ataupun sosial. Keempat, Prejudice reduction, mengidentifikasi karakteristik ras siswa dan menentukan metode pengajaran mereka. Kelima, melatih kelompok untuk berpartisipasi dalam keanggotaan olahraga, berinteraksi dengan seluruh staff dan siswa yang berbeda etnis, ras dalam upaya menciptakan budaya akademik.[2]

Menurut H.A.R Tilaar pendidikan multikultural di Indonesia memiliki enam dimensi, yaitu pertama, right to culture” dan identitas budaya lokal, sebagai manifestasi jawaban globalisasi. Kedua, kebudayaan Indonesia yang menjadi, yakni mewujudkan sistem nilai keindonesiaan di tengah sistem keberagaman. Ketiga, Konsep pendidikan multikultural normatif, bukan sekedar deskrip­tif. Keempat, Pendidikan multikultural merupakan suatu rekonstruksi sosial, yakni sebagai alat untuk melihat kembali kehidupan sosial yang ada dewasa ini. Kelima, Pendidikan multikultural di Indonesia memerlukan pedagogik baru[3], yang tidak hanya terbatas dalam pendidikan sekolah. Keenam, pendidikan multikultural bertujuan untuk mewujudkan visi Indo­nesia masa depan serta etika berbangsa.[4]

Jadi dengan memahami dimensi pendidikan multikultural dalam melakukan kegiatan pendidikan akan memposisikan peserta didik sebagai subyek sekaligus obyek pendidikan, yang sesuai dengan ciri peserta didik yaitu berdaya menggunakan kemampuannya dan kemauannya, memiliki keinginan untuk berkebang, memiliki latar belakang sosio-kultur yang berbeda, memiliki potensi secara individu.

[1]Abdul Wahid, Pendidikan AgamaIslam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Balai Litbang Agama. Jakarta. 2009. Hal 142

[2] Muhaiemin El-Ma’hady, op. cit

[3] Pedagogi yang dibutuhkan ada dua yaitu paedagogi pemberdayaan (pedagogy empowerment ) dan kesetaraan (pedagogy of equity)

[4] H.A.R Tilaar (2002), Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogok Trasformatif untuk Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun