Mohon tunggu...
Minhatin alfi
Minhatin alfi Mohon Tunggu... Minhatin alfi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Walaupun Talenta Bawaan, Tetap Harus Ada Usaha

25 September 2020   15:26 Diperbarui: 25 September 2020   15:34 41 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Walaupun Talenta Bawaan, Tetap Harus Ada Usaha
sumber ilustrasi: ibudanbalita.com

Sebagai orangtua pastinya menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Yang pastinya agar si anak mempunyai kehidupan yang baik dan selalu berjalan dengan sukses sesuai dengan harapan orang tua. Dengan begitu sejak anak di usia dini sudah diberikan asupan ataupun bekal dari orang tuanya, termasuk dengan berbagai keterampilan yang akhirnya dapat dimanfaatkan saat ia sudah dewasa nanti.

Adapun bekal tersebut yaitu perkembangan talentanya. Orang tua pasti merasa senang jika mempunyai anak yang sudah memiliki talenta bawaan dari usia dini. Contohnya seperti anak menyukai seni di bidang musik pasti orang tua bisa melihat jika anak sudah tertarik dengan hal tersebut.

Dari keterampilan anak tersebut tinggal bagaimana tindakan orang tuanya. Agar bisa lebih berkembang anak tinggal dikembangkan dan dipandu sesuai dengan cara yang tepat. 

Tetapi dari talenta tersebut ternyata ada beberapa juga anak yang bahkan telentanya belum terlihat sampai anak sudah memasuki di usia yang cukup remaja. Karena orangtua pun sudah mulai timbul rasa cemas karena anak belum memiliki bekal untuk masa depannya, akhirnya orang tua berusaha untuk memberikan bekal yang banyak dengan berbagai keterampilan yang ada pastinya sesuai dengan kemauan anak. 

Jika sudah ada usaha dari orangtua dan juga dari anak pun mempunyai semangat yang tinggi, maka dari usaha tersebut akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan bahkan bisa juga melebihi dari anak yang memiliki talenta bawaan.

Pembahasan tentang talenta, memangnya apa sih talenta itu? Ada beberapa yang mengartikan dari sudut pandang bahwa bakat merupakan bawaan sejak lahir serta ada juga yang berpendapat bahwa bakat itu bersifat genetik dan bakat bukan dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitarnya.

Ada juga yang mendifinisikan sebenarnya bakat itu berasal dari usaha mereka sendiri. Definisi ini mempunyai alasan karena jika anak memiliki minat pada keterampilan tersebut dan ia juga memiliki usaha yang keras maka keterampilan tersebut akan membuahkan hasil yang bagus dan ia juga bisa menguasainya sampai ke tingkat tinggi. 

Tetapi pengertian yang paling luas adalah talenta merupakan adanya gabungan dari bakat genetik serta adanya usaha yang keras. Tanpa adanya usaha yang keras maka talenta tersebut tidak akan ada perubahan dan juga tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya.

Karena dari faktor bawaan sejak lahir saja tidak akan cukup untuk menentukan masa depan anak. Seperti yang sudah dijelaskan diatas maka harus ada campur tangannya dan dukungan dari lingkungan, orang tua ataupun keluarga dan juga sekolah. 

Contohnya, ada seorang anak yang lahir dan kedua orangtuanya merupakan penyanyi terkenal, jika begitu apakah anak langsung bisa menyanyi tanpa adanya perkenalan dari music atau nada dan juga latihan? Seperti kutipan berikut ini, "Genes and family may determine the foundation of the house, but time and place determine its form." (Jerome Kagan).

Semuanya butuh proses jika orang tua ingin mendeteksi bakat anaknya, dan juga perlu ada nya pengamatan, ketelitian, kesabaran serta orang tua harus mempunya pikiran secara terbuka, karena semuanya butuh waktu sesuai dengan usianya tidak harus langsung jadi dan juga kemampuannya akan timbul jika kematangan anak dalam hal tertentu sudah tercapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x