Mohon tunggu...
Minhatin alfi
Minhatin alfi Mohon Tunggu... Minhatin alfi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Melatih Berbicara Anak Menggunakan Metode Show and Tell

3 Mei 2020   12:19 Diperbarui: 3 Mei 2020   12:20 15 1 0 Mohon Tunggu...

Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi, baik komunikasi lisan, tulisan atau syarat. Selain itu dengan bahasa manusia juga dapat menyampaikan pendapat, pesan atau mengungkapkan pemikiran yang dimiliki sehingga antara manusia dapat memahami apa yang ingin disampaikan. 

Ada berbagai cara anak untuk mempelajari bahasa, yakni meniru, menyimak, mengekspresikan dan juga bermain. Pada umumnya, dikehidupan manusia bahasa memegang peran yang sangat penting  dan khususunya berkomunikasi. Seperti dikemukakan Laird bahwa tiada kemanusiaan tanpa bahasa dan tidak ada peradaban tanpa bahasa lisan. 

Karena manusia tidak hanya memaki otaknya untuk berfikir tetapi juga sangat membutuhkan bahasa sebagai medianya. Orang lain tidak akan mengerti apa yang ingin kita sampaikan dalam pemikiran kita jika kita menggunakan bahasa secara lisan maupun tulisan. 

Begitu juga dengan adanya peranan bahasa untuk anak. Dengan adanya bantuan bahasa, anak tumbuh dari organisme biologis, menjadi pribadi dalam kelompok. 

Untuk melatih keterampilan bahasa anak dibutuhkannya peran guru dan orang tua untuk menguasai bahasa lisan anak. Walaupun bicaranya belum terlalu sempurna dengan mecoba dan adanya bantuan dari guru dan orang tua secara perlahan  bahasa anak akan terus berkembang. 

Adanya keterampilan yang harus dimiliki anak mencakup 4 keterampilan berbahasa yaitu menyimak atau mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca. Saya akan membahas tentang melatih berbicara dengan menggunakan metode Show and Tell.

Show and Tell merupakan suatu permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak khususnya  bahasa lisan, yang dimana show and tell suatu kegiatan yang dapat mengembangkan bahasa lisan dengan cara menceritakan dan mendeskripsikan tentang sesuatu. Tujuan kegiatan ini untuk melatih berbicara anak dihadapan umum ataupun didepan kelas. 

Terdapat beberapa macam jenis show and tell untuk digunakan, yaitu Show and Tell dengan benda pribadi, Show and Tell dengan makanan, dan Show and Tell dengan gambar dan foto. Dengan menggunakan beberapa jenis tersebut dapat melatih berbicara anak didepan kelas. 

  • Dengan menggunakan benda pribadi anak dapat menceritakan dan menunjukkan benda yang dimilkinya, benda pribadi tersebut bisa dengan alat permainan atau benda kesayangan. 
  • Show and tell menggunakan makanan bisa dengan minuman atau buah-buahan, dengan makanan anak dapat menceritakan bagaimana rasa, bentuk dan apapun itu yang diketahui oleh sang anak.
  • Show and tell menggunakan foto atau gambar, dengan benda tersebut anak bisa menceritakan tentang pengalaman yang pernah dialaminya tentang kejadian ataupun tentang tempat yang ia kunjungi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x