Mohon tunggu...
Minhatin alfi
Minhatin alfi Mohon Tunggu... Minhatin alfi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teori Pemrosesan Informasi

12 Maret 2020   16:55 Diperbarui: 12 Maret 2020   16:54 564 0 0 Mohon Tunggu...

Teori pemrosesan informasi merupakan salah satu bagian dari teori belajar sibernetik. Dalam teori belajar sibernetik ini pengertian dari belajar adalah pengelohan informasi. Teori sibernetik berasumsi bahwa dalam proses belajar tidak ada satu pun yang ideal untuk segala sesuatu atau yang cocok untuk semua siswa. 

Dengan ini artinya jika seorang siswa menerima suatu informasi dengan satu proses dan siswa yang lainnya juga menerima suatu informasi yang sama akan tetapi dengan proses belajar yang berbeda. 

Pemrosesan informasi dapat diartikan secara sederhan yaitu yang dimana peserta didik melakukan suatu proses untuk mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi bersamaan dengan informasi tersebut dengan inti pendekatannya lebih bertuju kepada proses memori dan cara berfikir. 

Dalam teori pemrosesan informasi, ada berbagai hal pengajaran untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan kepada diri siswa dalam hal menguasai stimulusnya yaitu mengumpulkan dan menyusun data, memecahkan masalah, dan mengembangkan konsep apa yang ia dapat.

Di sini ada beberapa proses informasi dalam informasi mulai dari encoding, stroge, retrival.

1. Encoding merupakan prosesnya infoemasi yang masuk kedalam memori.

2. Storge merupakan suatu informasi yang didapat melalui memeri jangka pendek kemudian dilanjutkan untuk diproses dan disatukan ke dalam memori jangka panjang.

3. Retrival merupakan akhir dari hasil prosesnya memori.

VIDEO PILIHAN