Mohon tunggu...
Dewi AstariMinato
Dewi AstariMinato Mohon Tunggu... i am a dreamer

muay thai fighter

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Tips agar Mobil Kembali Fit Setelah Banjir

8 Januari 2020   17:43 Diperbarui: 8 Januari 2020   17:53 27 0 0 Mohon Tunggu...

Pasti dapat postingan WA yang isinya mobil hanyut banjir kemarin kan?! Kalau kalian ketawa artinya kalian bukan yang punya mobil itu. Kalau yang punya mobil sudah pasti bete nya minta ampun, bakalan keluar duit banyak buat balikin mobil yang kena banjir itu ke kondisi yang fit.

Jujur saya nggak paham banget gimana benerin mobil yang abis kena banjir, mobil saya saja langsung saya minta bawa ke bengkel resmi. Cuma waktu di bengkel saya nanya-nanya sama montirnya, dan kalau saya tulis lagi, kira-kira ini yang harus diperhatiin kalau mobil kita kena banjir.

Bau Apek

Ini yang pertama kali dirasain kalau mobil abis kena banjir, begitu buka pintu, bau asem, apek dan bau lembab bikin bete langsung kecium. Ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di karpet mobil yang nggak kering sempurna. Jamur yang tumbuh ini mengeluarkan aroma tak sedap tadi. Gimana caranya mengusir bau tadi? Setelah karpet mobil dibersihkan dan dikeringkan dengan baik, lakukan Car Fogging yang mampu membunuh jamur dan bakteri bahkan virus yang masuk ke kabin bersama air banjir.

Awas Konslet

Karena temen sudah ngingetin, kalau mobil habis kena banjir jangan dinyalain, kemarin langsung telpon asuransi dan diangkut mobil pakai derek. Dan bener saja waktu dibengkel, mas montir yang baik hati itu langsung mengecek semua komponen elektrik mobil. Mulai dari lampu, wiper, Air Conditioner (AC), dan komponen elektrik lainnya. Terus langsung periksa lampu indikator Electric Power Steering (EPS). Katanya komponen EPS ini paling sering rusak kalau banjir.

Berkarat

Pastilah karatan kalau nggak buru-buru di-steam. Nggak kena banjir aja mobil bisa karatan apalagi abis kerendem banjir. Pastiin semua bagian mobil nggak ada karat. Termasuk kolong mobil.

Terus kotoran atau lumpur pada bagian mobil yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Mulai dari kisi-kisi AC, belakang dashboard, sudut-sudut panel, speaker, sela-sela jok mobil dan kisi-kisi radiator harus bebas kotoran.

Kebetulan asuransi MobilKu udah kasih perlindungan kalau mobil kita kena banjir dan water hammer, jadi aku tenang, semua ditanggung asuransi mobilku. Kalau nggak lumayan juga tuh... jadi biar aman ada baiknya baca-baca ya sis...

VIDEO PILIHAN