Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Lelaki Utusan Langit

10 Oktober 2021   11:09 Diperbarui: 10 Oktober 2021   11:10 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

 "Siapa lelaki hebat itu?," tanya warga dengan penuh rasa penasaran.

 "Saya juga tidak mengenalnya secara dekat. Beliau hanya datang ke rumah sebanyak tiga kali untuk menawarkan rumahnya dan kebunnya agar saya beli," jelas Migrun.

Semua warga terdiam. Mereka mulai menerka-nerka siapa lelaki dermawan itu. Mereka mulai bertanya-tanya siapa lelaki hebat itu.

Usai pembangunan masjid, para warga selalu melihat ada lelaki tua yang datang menyambangi masjid saat malam beranjak renta. Ya, lelaki tua itu selalu datang saat tengah malam. Beberapa warga sering kali menjumpai lelaki tua itu masuk ke masjid saat malam merenta. Berzikir ditengah malam.

Senja mulai melingkupi bumi, ketika lelaki tua itu datang kembali menyambangi rumah Migrun. Rasa terkejut bercampur bahagia menghampiri wajah lelaki tua itu. Tak terkecuali Migrun. Ada kebahagiaan yang terselip dari relung hatinya.

 "Saya cuma mau mengucapkan terima kasih kepada Bapak yang telah melaksanakan amanah saya. Terima kasih," ujar lelaki tua itu dan langsung meninggalkan rumah Migrun.

Migrun itu cuma terdiam. Tertegun menyaksikan kepergian Bapak tua itu meninggalkan rumahnya. Mulutnya seakan terkunci untuk menanyakan sesuatu kepada lelaki tua itu. Ada rasa sesal yang mengaliri sekujur nuraninya. Setidaknya Migrun ingin bertanya dimanakah Bapak itu tinggal sekarang. Tapi kembali mulutnya terkunci. Dan Bapak tua itu telah hilang dari pandangan matanya. Yang dilihatnya hanya kesunyian jalanan dan beberapa warga Kampung yang mulai ramai menuju masjid untuk bersujud kepada Sang Maha Pencipta.

Toboali, 10 Oktober 2021

Salam sehat dari Toboali

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun