Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Mulut Berlidah Petaka

25 Agustus 2021   20:51 Diperbarui: 25 Agustus 2021   21:09 1785
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jurnalcinajurselatan.com

" Lantas apa solusi terbaik kita dalam menyikapi pemberitaan hari ini,"

Rongrong pun tak lagi menyimak pembicaraan lewat telepon dengan Pak Kades. Dirinya membayangkan proyek pembangunan sumur bor yang diberikan Pak Kades kepada dirinya beberapa hari lalu saat dirinya menyatakan janji bahwa Atoli aktvis Desa Liluk tidak akan mengkritisi dirinya lagi sebagai Kades. 

Terbayang dalam otaknya tentang keuntungan yang akan diraupnya. Setidaknya satu buah motor baru akan diraihnya dari komisi proyek itu. Bahkan ada kontraktor yang berani memberinya satu buah motor plus dana jutaan rupiah.

Dan Rongrong pun tak lagi mengubris ocehan Pak Kades. Bayangan tentang keuntungan proyek sumur bor telah mengalahkan suara kegelisahan Pak Kades.

                                                                                                     

Siang itu di warung kopi Mang Keliru, Rongrong berkumpul dengan beberapa rekannya sesama aktivis Desa. Mareka asyik membicarakan pernyataan Atoli aktivis Desa yang dimuat di koran nasional Media nusantara.

" Luar biasa komentar Atoli di koran nasional hari ini. Menggegerkan jagad Kabupaten ini. Infonya, Pak Kades sudah dipanggil Pak Bupati," ujar Usuf.

" Bener Bung. Pernyataan Atoli di koran itu sangat akurat dan sarat dengan data-data kebenaran. Keberpihakannya kepada rakyat jelas dan lugas.," timpal Dungu..

" Atoli itu jaringannya luas. Pergaulannya banyak. Sahabatnya di luar Desa banyak Salut saya," jawab Asun.

" Kita jangan bertindak bodoh.Kita jangan membeberkan kehebatan Atoli dimata petinggi Desa .Justru sebaliknya Kita harus menginformasikan kepada Pak Kades bahwa Atoli sangat tertarik dengan posisi Kades. Walaupun ,kita tahu bahwa Atoli bukanlah orang pengejar jabatan. Intinya kita harus mengadu domba Atoli dengan para petinggi desa," ungkap Rongrong.

" Lho itu artinya kita membalikkan fata, Rong", jawab Usuf.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun