Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Mendadak Kaya

5 Mei 2021   03:34 Diperbarui: 5 Mei 2021   18:38 801
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi www.kartunesia.com

" Semenjak jadi orang kaya, Matliluk tidak pernah lagi berkumpul bersama warga," kata seorang warga kampung.

' Biasalah. Tabiat orang kalau sudah kaya," jawab seorang warga.

" Banyak kok orang kaya di kampung ini, tapi perilakunya tak seperti Matliluk. Mereka biasa-biasa saja. Tak mengesankan diri sebagai orang kaya," sambung yang lain.

Sudah hampir seminggu ini, warga kampung mencium bau yang tak sedap. Dan bau yang menyengat hidung itu berasal dari rumah Matliluk. Warga kampung yang melewati rumahnya saat pulang tarawih di Masjid, selalu mencium bau yang tak sedap dari arah rumah itu. Dan para warga pun akhirnya  melaporkan kepada Pak Kades terkait kondisi bau tak sedap yang berasal dari rumah Matliluk yang sangat menyengat hidung mereka. 

Berdasarkan kesepakatan para warga kampung , akhirnya Pak Kades bersama beberapa warga mendatangi rumah Matliluk. Rumah itu terlihat sepi. Hening. Tak ada sama sekali aktivitas di rumah itu. Tak ada penerangan di luar rumah. Gelap gulita.  Beberapa kali ketukan dipintu tak terjawab. Sementara aroma tak sedap makin kencang menerpa hidung Pak Kades dan Rombomgan.

Akhirnya dengan kesepakatan bersama pula, Pak Kades memerintahkan beberapa hansip untuk mendobrak pintu rumah Matliluk. Dan betapa kagetnya warga saat pintu rumah terbuka, mereka melihat tubuh seorang manusia yang tinggal tengkorak tergeletak dilantai rumah. Sementara di dekat tengkorak itu tampak beberapa ekor babi sedang tertidur pulas.

Toboali, ramadan hari ke-23/5 Mei 2021

Salam sehat dari Kota Toboali

Salam ramadan bagi para pembaca dan Kompasianer yang menjalankan Ibadah Puasa 1442 H.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun