Mohon tunggu...
Rusmin Sopian
Rusmin Sopian Mohon Tunggu... Freelancer - Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Urang Habang. Tinggal di Toboali, Bangka Selatan. Twitter @RusminToboali. FB RusminToboali.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Mendadak Alim

22 April 2021   02:24 Diperbarui: 22 April 2021   02:39 576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahkan ada seorang warga yang merasa jantungnya seakan-akan mau lepas dari katupnya. Dan ketika mendengar suara azan Zohor berkumandang dari corong pengeras suara masjid, mereka dengan langkah kaki yang tergesa-gesa meninggalkan warung kopi Mbok Painem. Mereka menuju masjid kampung.

"Apa yang dikatakan bapak tadi sungguh benar. Aku jadi takut," ujar seorang warga saat mereka menuju Masjid.
"Bapak tua itu kayaknya orang sakti. Dia tahu semua kesalahanku," sambung warga yang lain.

"Terlepas bapak itu orang sakti atau utusan dari langit, mumpung masih ada waktu, kita harus segera bertobat dan memohon ampun kepada Allah, Sang Maha Pencipta dan Maha Pengampun atas segala dosa kita selama ini," celetuk warga yang lainnya.

Melihat kedatangan warga kampung ke Masjid saat waktu sholat Zohor tiba, Pak Imam masjid menyambut mereka dengan senyum bahagia. Sejuta senyuman diumbarkannya kepada para warga yang datang. Ada kebahagian yang terpatri dalam dadanya.

"Alhamdulillah. Ayo Bapak-bapak kita segera sholat," ajak Pak Imam Masjid dengan nada suara penuh kebahagian.

Perkataan Bapak tua yang misterius itu kepada  hampir semua warga Kampung kami  yang ditemuinya saat para warga berkumpul, menjadi topik pembicaraan dikalangan warga. Para warga kini diliputi ketegangan. Kening mereka berlipat mendengar perkataan bapak tua tentang mereka dan kehidupan mereka. Jantung mereka berdegup tak karuan. Tengkuk mereka diliputi kengerian yang sangat luarbiasa. 

"Kita memang harus tobat dan tobat," ujar seorang warga kampung.

"Apa yang diucapkan bapak tua itu sungguh benar sekali. Kita terlena dengan kehidupan duniawi. Melupakan kehidupan akherat yang abadi," sambung warga yang lain.

"Kita memang perlu bekal untuk hidup di alam sana," lanjut warga yang lain. 

"Aku sangat berterima kasih dengan Bapak tua itu. Perkataannya membuat aku sadar dan sadar," ucap warga yang lain.

Kini, di saat matahari mulai menyembunyikan diri di ufuk timur, sebelum azan magrib berkumandang merelegiuskan jagad raya, para warga kampung kami sudah berada di masjid. Tak ada lagi yang berlalu lalang di jalanan. Mereka khusuk bersujud sembari memohon ampunan kepada Allah SWT, Sang Maha pencipta dan Maha Pengampun bagi mahluknya. Tak heran hingga sholat Isya selesai,  kampung kami kosong melompong. Bak kampung yang tak berpenghuni. Semua warga kampung tumpah ruah di masjid. Bersujud ke hadapan Sang Maha Pencipta. Memohon ampunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun