Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Mimi Kusmiati, S.Pd
Calon Guru Penggerak dari TK PGRI Mekar Galih-Kab. Sumedang
Pada kesempatan ini saya akan menuliskan mengenai jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Jurnal dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Dan ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak) untuk membuatnya.
Maka saya akan menulis mengenai refleksi saya mengenai kegiatan-kegiatan pelatihan yang sudah kami lalui, khususnya pada modul 1.2 tentang Nilai dan peran guru .Kegiatan pembelajaran modul 1.2 telah selesai saya ikuti, ada banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F yaitu :
1. Fact
2. Feeling
3. Findings
4. Future
yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan 4. Penerapan.
1. Facts (Peristiwa)
Pada tanggal 7 november 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep bagaimana Manusia Tergerak, lalu bagian B tentang konsep bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan bagian C tentang konsep bagaimana Menggerakkan Manusia.
Di tanggal 7 dan 8, saya dan teman-teman  mengeksplor kegiatan di LMS yang dimulai dengan melakukan refleksi di alur Mulai dari diri lalu mempelajari modul dan berdiskusi secara tertulis di alur eksplorasi konsep. Ternyata materi di modul 1.2 ini lumayan banyak dan membutuhkan waktu lebih untuk mempelajarinya dibandingkan modul 1.1.