Mohon tunggu...
Mim Yudiarto
Mim Yudiarto Mohon Tunggu... Buruh - buruh proletar

Aku hanyalah ludah dari lidah yang bersumpah tak akan berserah pada kalah....

Selanjutnya

Tutup

Financial

Hati-hati dengan Lintah Darat Bernama Prudential

12 Juli 2018   13:14 Diperbarui: 12 Juli 2018   13:14 716
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Prolog;

Saya tidak tahu apakah saya termasuk orang yang nahas atau bodoh.  Terjebak dalam jeratan lintah darat raksasa perusahaan multinasional bernama Prudential.  Atau barangkali sesuai namanya, saya tergolong nasabah dari perusahaan prudent yang sedang sial. 

Saya akan bercerita secara detail bagaimana darah saya dikoyak-koyak oleh sistem asuransi Prudential bukan untuk sekedar memperbaiki hati saya yang patah dan kecewa.  Saya bercerita di sini agar ada unsur edukasi bagi para calon nasabah Prudential yang lain supaya tidak menjadi korban berikutnya.

Main log;

Saya mempunyai 2 polis asuransi di Prudential.  Namun saya akan memberikan ilustrasi salah satunya saja.  Itu cukup karena sudah menggambarkan betapa licinnya Prudential memoles mekanismenya sehingga nasabah mau tak mau hanya bisa pulang dengan wajah kuyu dan badan lemas. 

Polis saya dimulai pada tahun 2011 dengan durasi kontrak selama 10 tahun dan pembayaran premi per bulan sejumlah 1 juta rupiah.  Saya sudah membayar premi dengan lancar dalam rentang waktu 6 tahun.  Hitungan kasar saya jumlah uang yang telah saya "tabung" di Prudential sekitar 70 jutaan.

Namun karena ibarat pepatah roda itu bundar dan selalu berputar, sampailah saya pada situasi tidak bisa membayar premi bulanan saya.  Kalau dalam istilah asuransi adalah cuti premi.  Kemudian saya memutuskan -lagi-lagi karena ternyata rodanya berhenti berputar dan kebetulan saya sedang pas ada di bagian bawah- untuk menutup polis saya dengan harapan ada tabungan di Prudential yang bisa saya manfaatkan untuk kebutuhan saya.

Saya akan sangat memahami jika kemudian saya akan terkena pinalty karena menutup asuransi sebelum masa kontrak selesai.  Namun yang terjadi kemudian mengejutkan saya!  Dari uang tabungan sejumlah 70 jutaan sesuai hitungan kasar saya tadi ternyata cuma berakhir di 3,5 juta saja!  Saya memang pernah sebelumnya menarik tunai sebesar 5 juta dari account saya di Prudential.  tapi tetap saja kejadian ini shocking bagi saya.  Saya hanya mendapatkan pengembalian uang sejumlah 8,5 juta dari total 70 juta tabungan saya!

Ini artinya, dari jumlah uang yang telah saya setor ke Prudential hanya bisa kembali tak lebih dari 15% saja!  Bukan main!

Prudential menjelaskan dengan penuh keramahan bahwa itu adalah mekanisme yang ada di asuransi jenis ini.  Saya menerima penjelasan tersebut dalam kaitannya sebagai sebuah mekanisme.  Namun sebagai orang yang dianugerahi akal dan nalar, mekanisme yang dibuat tersebut tak lebih tak kurang adalah mekanisme blood sucker.  Atau kalau di negara yang saya cintai ini lebih dikenal sebagai lintah darat.

Akhirnya saya tidak menutup polis-polis saya karena tentu saja percuma.  Saya hanya mempunyai 2 opsi yang mengerikan;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun