Mohon tunggu...
Kesehatan

Antusias Warga Dusun Kedawung Menyambut Program Tensi Keliling dari Mahasiswa UMM

20 Juli 2018   13:02 Diperbarui: 21 Juli 2018   15:14 266 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antusias Warga Dusun Kedawung Menyambut Program Tensi Keliling dari Mahasiswa UMM
Salah satu warga sedang melakukan tensi darah. (doc. pribadi)

Pada tanggal 13 Juli - 9 Agustus 2018, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tersebar di beberapa daerah di Jawa Timur. Salah satunya, yaitu Desa Banjarsari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang yang menjadi sasaran pengabdian dari kelompok KKN 94, dengan Gina Harventy SE.,Ak., M.Si., CA sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Banyak program yang sudah disiapkan untuk direalisasikan di Desa Banjarsari, khususnya Dusun Kedawung. Salah satunya adalah program dari Divisi Kesehatan yaitu tensi keliling. Program ini menargetkan para lansia di Dusun Kedawung yang berjumlah kurang lebih 150 orang. Jumlah tersebut tersebar di dua RW dan delapan RT. Program ini mulai dilaksanakan pada tanggal 17 - 24 Juli 2018. Dalam pelaksanaannya, kelompok 94 dibagi menjadi empat kelompok yang mendatangi rumah warga secara langsung.

Selain melakukan tensi gratis, program ini juga merekapitulasi riwayat penyakit dan keluhan dari para lansia. Ditambah dengan sosialisasi tentang sanitasi dan demam berdarah kepada setiap rumah yang didatangi. Nantinya, program tensi keliling ini akan membantu kelancaran program kerja unggulan dari Divisi Kesehatan yaitu pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Wava Husada, Kabupaten Malang pada tanggal 26 Juli 2018.

Abdillah Budi selaku ketua divisi kesahatan berkata, "Dengan diadakannya tensi keliling, kita bisa lebih mengetahui sebenarnya apa saja keluhan-keluhan dari warga mengenai penyakit yang tidak diketahui sebelumnya. Selain itu, juga kita dapat membantu tenaga medis desa untuk melakukan pendataan penyakit-penyakit kronis yang ada di dusun yang sedang kami tempati, yaitu Dusun Kedawung ini".

Program ini juga mendapatakan respon positif dari warga setempat. Menurut Solikah yang merupakan warga Dusun Kedawung, program ini sangat ditunggu-tunggu, karena warga tidak perlu memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tensi.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan para lansia di Dusun Kedawung serta meningkatnya kesadaran warga akan pentingnya menjaga kesehatan. Selain itu, mahasiswa KKN kelompok 94 juga dapat menjalin interaksi secara lebih dekat dengan warga Dusun Kedawung. (Ter/red)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x