Mohon tunggu...
Milasari
Milasari Mohon Tunggu... Penyuka buku

Menulis adalah seni berbagi kebaikan lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Enggan Mengolah Pare Karena Rasa Getir? Lakukan 5 Teknik Simpel Berikut!

23 September 2019   06:35 Diperbarui: 23 September 2019   21:17 0 1 1 Mohon Tunggu...
Enggan Mengolah Pare Karena Rasa Getir? Lakukan 5 Teknik Simpel Berikut!
Wajibbaca.com

Halo, Sobat Kompasioner!

Lama nih, enggak nongolin tulisan. Maklum, karena jadwal kerja lebih padat jadi susah bagi waktunya! Hehe.

Ah iya, ada yang suka sama siomay? Nah, jika iya, berarti Sobat sudah tak asing lagi dengan yang namanya pare. Pare adalah sejenis sayuran yang berbentuk lonjong, memiliki permukaan yang tidak rata serta kaya akan vitamin dan mineral. 

Sayuran satu ini memang sering digunakan sebagai bahan campuran dalam makanan siomay asal bandung itu Ladies! Meski terkenal akan khasiatnya yang ampuh untuk kesehatan pencernaan, namun tak sedikit yang enggan menjadikannya sebagai bahan makanan  karena rasanya yang getir.

Tapi, tahukah Sobat! Bahwa dengan pengolahan yang tepat, maka rasa getir pada pare tersebut akan bisa hilang. Mau tahu teknik pengolahannya? Simak yuk!


1. Pemilihan Pare
Pemilihan pare ini menjadi salah satu teknik utama agar bisa menikmatinya tanpa rasa getir. Jadi, sebelum mengolah pastikan memilih pare yang berbentuk kecil atau sedang. Karena, semakin besar bentuk pare, semakin banyak pula rasa getirnya. Kedua, pilih pare yang permukaannya berwarna hijau tua Sobat! Biasanya, pare yang permukaannya berwarna hijau muda atau masih mentah memiliki rasa getir yang kuat.


2. Mencuci Pare dengan Garam
Sebelum mengolah bahan makanan, tentunya proses awal adalah mencucinya terlebih dahulu. Nah, dalam hal ini untuk menghilangkan rasa getir pada pare bisa dilakukan dengan mencucinya dengan garam. Caranya mudah sekali, potong pare beberapa bagian sesuai selera. Taruh pada wadah yang telah diberi garam, remas-remas beberapa menit hingga nampak layu, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.


3. Mencuci Pare dengan Gula
Selain sebagai pemanis,  gula juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan rasa getir pada pare loh! Caranya pun juga sama seperti di atas. Setelah dipotong, remas-remas beberapa menit hingga nampak layu lalu bilas dengan air sampai bersih.


4. Rebus dengan Daun Jambu Biji

Merebus pare dengan jambu biji juga salah satu teknik untuk menghilangkan rasa getir pada pare, setelah pare dipotong beberapa bagian, taruh ke dalam panci yang berisi air dengan memberi beberapa lembar daun jambu biji. Tunggu hingga lima menit, kemudian tiriskan, lalu cuci dengan air hingga bersih.


5. Rebus dengan Tanah Liat
Tanah liat ini tidak hanya digunakan untuk menghilangkan rasa getir pada daun pepaya, namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa getir pada pare. Caranya, campur sedikit tanah liat pada pare yang telah dipotong dan diberi air. Proses perebusan ini hanya sampai tiga menit saja. Setelah itu, tiriskan dan cuci dengan air hingga bersih.

Nah, sobat! Cukup simpel dan mudah kan untuk menghilangkan rasa getir pada pare sebelum diolah sebagai makanan. Jadi, mulai sekarang pare bisa menjadi salah satu daftar bahan makanan yang bisa diolah tanpa takut rasa getirnya yaa!


Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



KONTEN MENARIK LAINNYA
x