Mohon tunggu...
Millah Nur Chanifah
Millah Nur Chanifah Mohon Tunggu... Learner

Sharing the thoughts for improving more capabilities.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Penting Sebelum Tes CPNS: Refleksi Diri

29 November 2019   20:46 Diperbarui: 5 Desember 2019   04:19 101 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting Sebelum Tes CPNS: Refleksi Diri
credit picture : pret-a-voyager.com

Bukan lagi menjadi rahasia, ketika lowongan CPNS selalu laris manis dengan ribuan pendaftar. Data statistik Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2018 bahkan mencatat pelamar CPNS 2018 menembus angka 4 juta pendaftar. 

Berbagai alasan melatar belakangi tingginya minat para job seeker untuk memperebutkan 1 saja kursi  CPNS. Salah satu pakar Direktur Study for Indonesia Government Indepth (SIGI)  bahkan menyebut bahwa gengsi sosial merupakan salah satu alasan utama tingginya minat job seeker untuk mengikuti seleksi CPNS. Jadi apa sih sebenernya esensi daftar CPNS?

                                                                                                       

What should be put in your mind before taking the test? Beberapa refleksi dibawah ini mungkin bisa membantu :

1. Apa tujuanmu mendaftar CPNS?

Pertanyaan ini sangat esensial untuk direnungkan, dan resapi ini dalam tiap langkah seleksi yang akan dihadapi. Apa sebenarnya wake up call yang mendasari kita untuk mendaftar? apakah karena ada pride tertentu, konteks stereotype profesi PNS yang terkesan lebih stabil, sekedar ikut-ikutan, atau mungkin memang passion untuk terjun didunia pelayanan sosial?

Alasan mendasar ini penting untuk direnungkan, dan pastinya akan digali nantinya oleh interviewer pada tahapan seleksi wawancara. Tentunya perlu untuk memiliki tujuan mendasar yang jelas dan realistis. 

Selain itu, tentu idealnya bukan jawaban selfish yang diharapkan, atau jawaban yang hanya melulu self-gaining kita sendiri, seperti karena butuh pekerjaan, karena mau kerjaan yang kata orang aman dan stabil, dan sebagainya. Yep, emang sih itu jawaban yang mungkin paling realistis, but then, does this for only fitting your need

2. Apa yang ingin kamu dapatkan dari profesi ini?

Refleksi kedua ini sangat penting dan berhubungan dengan ekspektasi kita. What do you generally want to reach in your career? or specifically,  what do you want to get if you're the Bureaucrats? 

Sama seperti saat kita akan apply suatu pekerjaan, penting juga untuk tahu apa sebenernya harapan kita terhadap pekerjaan tersebut. Sebagai contoh, apakah mau gaji yang tinggi? career path yang fluktuatif atau balance? working style yang pasti atau fleksibel? culture kantor yang santai atau kaku?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN