Mohon tunggu...
Ilmu Sosbud & Agama

Risiko yang Terjadi Jika PPN untuk Sembako Diterapkan

21 Juni 2021   00:50 Diperbarui: 21 Juni 2021   01:08 28 2 0 Mohon Tunggu...

Adanya info rencana pajak pertambahan nilai (PPN) bahan kebutuhan pokok (sembako) menghebohkan masyarakat. Soal wacana pemerintah memungut pajak pertambahan nilai bahan kebutuhan pokok atau sembako akhirnya Menteri Keuangan Sri Mulyani buka suara. Ia mengatakan kalau draf itu bocor, semestinya tidak bocor sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan langsung ke Parlemen. Adanya kebocoran draf tersebut menghebohkan masyakarat dan banyak sekali masyakarat mengeluarkan opini nya lewat Instagram, Facebook, dan Twitter.

Kira-kira kenapa ya munculnya kebijakan tersebut?

Salah satu alasan kenapa muncul wacana kebiajakan penambahan PPN untuk bahan kebutuhan pokok (sembako) adalah karena pandemic covid ini membuat pemasukan kas Negara turun banget, padahal pemerintah harus mengeluarkan dana yang sangat besar untuk  membiayai pemulihan ekonomi nasional. 

Jika benar akan dilaksanakan akan menimbulkan risiko. Risiko yang akan terjadi adalah Terjadinya Inflasi karena terdapat kenaikan harga pada barang kebutuhan pokok. Hal tersebut akan mengakibatkan daya beli masyarakat pun menurun. Selama pandemic ini mungkin saja sudah mengalami penurunan, bagaimana jika kalau PPN benar diterapkan, apa jadinya ya?

Namun, tedapat resiko lain juga yaitu tingkat kriminalitas akan meningkat. Selama pandemic covid ini pastinya banyak orang yang di PHK atau mengalami kebangkrutan dalam berbisnisnya. Tentunya banyak orang yang mengalami kesulitan keuangan selama pandemic ini, takutnya jika PPN untuk sembako diterapkan berdampak pada masyakat yang kesulitan  cenderung akan mencari cara termudah dan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. 

Bagaimana kalian setuju tidak jika adanya PPN untuk sembako ini diterapkan?

Sebaiknya, pemerintah memikirkan lagi dampak kedepannya jika kebijakan tersebut diterapkan. Pemerintah harus memikirkan masyarakat dan bagaimana agar dapat meminimalisir risiko. Jadi, harus mempertimbangkan secara matang-matang untuk menangani kasus tersebut. Semoga ada cara yang terbaik untuk memulihkan ekonomi nasional ini. Adanya covid memang bikin pusing semua orang ya tentunya, pasti semua kena dampaknya. Semoga covid cepat-cepat hilang ya di muka bumi ini..

VIDEO PILIHAN