Mohon tunggu...
MiLi
MiLi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ukir rasa dengan kata.

Education - Poetry

Selanjutnya

Tutup

Diary

Personal Branding?

11 Juni 2021   11:07 Diperbarui: 11 Juni 2021   11:20 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Hai sahabat kompasiana. 

Ini first time banget sih buat aku mempublikasikan diri.  Ternyata setelah aku baca tentang personal branding, banyak banget manfaatnya. Dulu, aku kira orang-orang mempublikasikan diri itu tujuannya mau 'pamer' apa yang ada di dirinya. Ya, memang bener sih kalau difikir-fikir. Kalau tidak 'pamer' orang-orang mana akan tau bahwa dia itu piawai dalam misal bidang desain grafis.

Terkadang ada rasa iri ketika melihat orang lain dengan bangganya memperkenalkan diri ke publik. Seketika aku berfikir, kira-kira bisa tidak ya aku seperti mereka? Tapi, apa yang aku punya ? karena terlalu overtingking dan pasif, akhirnya hanya bisa memandang nanar pencapaian-pencapaian mereka. Kurang lebih seperti itulah lingkaran setan yang aku alami.

Setelah berselancar mencari apa itu personal branding, aku mau sedikit bercerita bagaimana aku menemukan jati diri dan dengan rasa percaya diri aku membangun personal branding ku.

Awalnya tidak mudah memang, karena aku sedikit dihantui masa lalu yang menganggap aku itu tidak bisa apa-apa. 

Langkah pertama yang aku lakukan adalah membuang kenangan yang mengganggu hati dan fikiranku. Contohnya masa lalu tadi.

Langkah kedua, mencari potensi apa yang ada dalam diri. Langkah ini sangat penting tentunya, karena semakin unik potensinya, maka kesempatan di ruang publik terbuka lebar.

Langkah ketiga, mengasah potensi. Sekalipun sudah piawai, pengasahan itu perlu dilakukan. Caranya mudah saja, misalnya mengikuti kursus dan les. 

Langkah keempat, mengembangkan potensi. Cara ini seperti tes, misalnya membuat poster dan mikroblog. Percobaan pertama buruk? Tidak masalah, dengan begitu, kita bisa melakukan eksplorasi untuk kedepannya 

Langkah kelima, membuat blog dan akun sosial media. Ini dua diantara cara memperkenalkan diri. Zaman yang serba teknologi memudahkan kita untuk dapat memperkenalkan diri. Dengan membuat blog pribadi, orang-orang dengan mudah memperoleh informasi diri kita. Tentunya lebih akurat juga karena sudah terbukti dengan jejak rekam riwayat nya .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun