Pendidikan

Sikat Gigi Bambu Pengganti Sikat Gigi Plastik yang Ramah Lingkungan

17 Mei 2018   20:50 Diperbarui: 18 Mei 2018   03:41 160 0 0
Sikat Gigi Bambu Pengganti Sikat Gigi Plastik yang Ramah Lingkungan
dokumentasi pribadi

Memiliki gaya hidup yang sehat merupakan dambaan setiap manusia. Apalagi dengan keadaan bumi yang semakin memburuk ini, sebenarnya semua orang perlu menerapkan gaya hidup sehat dan menjadikannya kebiasaan, untuk memperbaiki kondisi bumi ini. Karena kelak apa yang dilakukan akan berimbas kepada diri sendiri maupun kepada lingkungan. Keadaan lingkungan saat ini sudah mulai tercemar oleh menumpuknya limbah plastik yang sulit untuk diuraikan, bahkan memerlukan bertahun tahun lamanya hanya untuk menguraikan satu lembar plastik.

Penggunaan produk plastik yang tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan berbagai masalah lingkungan hidup yang sangat serius. Melihat bahwa sikat gigi merupakan barang mayoritas yang dimiliki oleh penduduk di bumi, maka salah satu penyumbang limbah plastik adalah adanya sikat gigi yang terbuat dari plastik. 

Kita menggunakan sikat gigi setiap hari, tapi ternyata sikat gigi yang kita gunakan dapat mempengaruhi kondisi lingkungan menjadi semakin buruk. Sikat gigi yang kita gunakan seluruhnya terbuat dari bahan dasar plastik, bahkan kemasannya pun juga menggunakan bahan plastik. Dan setiap tahun, ada lebih dari 5 milyar sikat gigi yang diproduksi untuk kebutuhan manusia. Jadi, setiap tahun sampah sikat gigi akan menambah banyak sekali sampah yang dapat menambah pencemaran lingkungan.

Sikat Gigi Bambu Ramah Lingkungan

Selama plastik masih digunakan untuk barang barang yang kita butuhkan, maka kita akan tetap menggunakannya. Beberapa pemerintahan di Negara negara maju dan berkembang telah melarang pembuatan dan penjualan barang barang dengan berbahan plastik. Namun sayangnya, larangan itu tetap tidak dihiraukan. Sampah akan terus diproduksi, karena murah, mudah diproduksi, dan menjadi kebutuhan utama pasar dalam penggunaan barang sehari hari. Sangat menyedihkan.

Mulai saat ini, mulailah mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari hari. Mulailah dengan menerapkan go green dalam kehidupan sehari hari. Dengan berbagai cara untuk mengatasi kerusakan lingkungan, go green adalah salah satu gaya hidup yang dapat menyelamatkan bumi. Bergantilah sikat gigi dari plastik menjadi penggunaan bamboo tooth brush. Mengapa menggunakan bambu?

Bambu merupakan tanaman jenis rumput rumputan, dengan rongga dan ruas di batangnya. Di dunia ini, bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Bambu tumbuh dengan cara menyebarkan perakaran dan rizonanya di bawah tanah dan menyebabkan persebaran yang sangat luas. Penggunaan bambu untuk sikat gigi menjunjung konsep ramah lingkungan, dikarenakan bambu merupakan tanaman yang paling cepat dan paling mudah untuk tumbuh subur didunia ini.

Bambu juga merupakan bahan baku alam yang mudah didapatkan dan dapat diproses dengan mudah. Batang bambu memiliki sifat kuat nan fleksibel, dan juga mempunyai daya lentur yang tinggi, dan apabila diolah menjadi suatu produk, maka akan menjadi sebuah produk yang berguna bagi kehidupan dan serta enak dipandang mata. Bambu menjadi solusi utama untuk mengganti sikat gigi plastik yang nantinya akan memperbaiki kondisi lingkungan.

Penciptaan Iklan Layanan Masyarakat untuk Sikat Gigi Bambu

Untuk pengembangan lebih lanjut dan agar produk ini lebih dikenal masyarakat, perlu beberapa bentuk iklan untuk pengenalan produk sikat gigi bambu yang ramah lingkungan ini. Iklan yang dipilih berbentuk iklan layanan masyarakat, karena berisi informasi social atau himbauan kepada masyarakat mengenai sikat gigi yang ramah lingkungan ini.

Pemilihan bentuk media yang tepat adalah melalui media social, khususnya Instagram. Penempatan iklan layanan masyarakat ini disebar melalui media sosial, dikhususkan untuk Instagram. Konten foto yang ada di Instagram akan lebih menarik daripada konten tulisan saja, selain itu di jaman ini orang orang lebih tertarik membuka media social daripada membaca baca poster atau brosur yang ada di papan papan pengumuman, dan lebih senang mengikuti berbagai kegiatan melalui social media, oleh karena itu iklan layanan masyarakat ini lebih tepat jika disebar melalui media social khususnya Instagram.

Berikut adalah beberapa desain iklan layanan masyarakat yang berbentuk story telling atau cerita bergambar yang berisi tentang informasi atau pengetahuan seputar sikat gigi plastic dan sikat gigi bambu.

2-5afd951816835f44bc2207e2.jpg
2-5afd951816835f44bc2207e2.jpg
3-5afd94cacf01b45bf01e2932.jpg
3-5afd94cacf01b45bf01e2932.jpg
4-5afd92fbab12ae54675fbdd2.jpg
4-5afd92fbab12ae54675fbdd2.jpg
5-5afd945cf13344761b736204.jpg
5-5afd945cf13344761b736204.jpg
6-5afd9316ab12ae3608296d92.jpg
6-5afd9316ab12ae3608296d92.jpg
Penjelasan desain

  • Seorang laki- laki yang menggunakan pakaian semi formal yang sedang membuang sekotak sampah yang berisi penuh dengan limbah sikat gigi ke dalam sebuah tong sampah yang lebih besar, tepat disampingnya terdapat logo peringatan bahwa sikat gigi tersebut bukanlah sampah daur ulang dan sangat mencemari lingkungan.
  • Dan dengan penggunaan warna biru muda dengan sedikit keunguan pada kantong plastik di pojok kanan atas disesuaikan dengan warna biru muda pada baju dan biru tua pada tong sampah agar memperlihatkan keharmonisan dalam gambar tersebut. Sedangkan penggunaan warna peach pada dasar illustrasi seorang laki -- laki yang membuang sampah itu menambah kesan agar tidak terlalu terlihat kosong dan terlihat berkesinambungan. Pada gambar limbah sikat gigi menggunakan warna orange agar sikat gigi lebih mudah dikenali. Selanjutnya penggunaan tanda silang pada simboll daur ulang yaitu untuk memberi tahu bahwa merah adalah symbol tidak bisanya sikat gigi untuk di daur ulang.   
  • Terdapat seorang laki -- laki yang menggunakan pakaian formal lengkap berdasi menggenggam sikat gigi di tangannya dengan ekspresi wajah yang bahagia karena laki-laki tersebut telah berhasil menemukan sikat gigi pertama kalinya didunia. Dengan penggunaan warna biru tua pada pakaian seorang laki -- laki tersebut menandakan keyakinan terhadap keberhasilan penemuannya yang sukses. Sedangkan penggunaan warna biru yang lebih muda pada sikat gigi supaya lebih harmonis dengan pakaianya. Selanjutnya  terdapat warna latar kuning muda yang pudar untuk memberikan kesan supaya teks narasi tersebut dapat terlihat jelas dan mudah dibaca
  • Seorang lelaki yang digambarkan dengan outline hitam dan warna dasar putih. Sosok lelaki tersebut terlihat sedang memegang dagu. Orang yang sedang memegang dagu dapat dikaitkan dengan bahasa tubuh. Dikutip dari rahasia Bahasa tubuh, karya Dianata Eka Putra menjelaska penelitian yang dilakukan Mark Knapp dimana dia mengungkapkan bahwa Bahasa tubuh dari manusia mencerminkan 6 hal, salah satunya penguatan atau penghalusan. Orang yang sedang memegang dagu diartikan bahwa orang tersebut sedang berfikir Panjang menimbang-nimbang ada tanda tanya di hati. Sosok lelaki yang ada pada karya tersebut sedang berfikir dan menimbang-nimbang tentang banyaknya sikat gigi yang diproduksi setiap tahunnya.
  • Dihadapan laki laki tersebut terdapat sebuah mesin pembuat sikat gigi. Gambar asap yang ada di cerobong tengah mesin berwarna orange menunjukkan bahwa mesin tersebut sedang bekerja. Dari sebelah kiri merupakan visualisasi dari bahan yang digunakan untuk membuat sikat gigi tersebut dituangkan, kemudian mesin yang tengah berguna untuk mencetak, memproses bahan tadi menjadi sikat gigi. Sisi paling kanan menunjukkan sikat gigi yang sudah selesai diproduksi.
  • Dalam illustrasi tersebut terdapat seorang laki -- laki sedikit tua yang sedang sibuk menyemprotkan air pada tanamannya. Kemudian di bagian pojok kanan atas ada satu ekor ikan yang di tata disebuah piring dan terdapat sikat gigi didalam ikan tersebut. Penggunaan warna pada illustarsi seorang laki-laki menggunakan warna biru tua dan menggunakan kemeja biru muda garis -- garis supaya terlihat selaras. Sedangkan untuk warna dari illustrasi ikan tersebut menggunakan wara hijau tua serta penggunaan warna tanaman hijau muda memperlihatkan kesegaran pada tanaman tersebut.      
  • Seorang laki laki dan perempuan yang tengah menggosok gigi dengan bamboo tooth brush dengan memperlihatkan ekspresi senang, dikarenakan pemakaian bamboo tooth brush memang nyaman untuk digunakan. Untuk penggunaan warna biru muda bertujuan untuk kaos si laki laki dan perempuan ditujukan karena sasaran dari ilm ini adalah para remaja yang identik menyukai warna warna lucu. Selain itu penggunaan warna warna yang soft juga menunjukkan warna warna pada usia remaja.

Penggunaan font A.C.M.E Secret Agent memiliki visual bergaya santai dikarenakan ilustrasinya juga memiliki gaya santai dan tidak formal, dan lebih bergaya ke arah style anak muda. Maka dari itu font ini dirasa cocok untuk melengkapi ilustrasi ini. Dan untuk penggunaan style yang sederhana dan tidak ribet, yang bahkan hanya mirip sketsa, bertujuan untuk menyesuaikan style para remaja. Karena tujuan dari ilustrasi ini sendiri lebih fokus kepada informasi yang disampaikan melalui tipografi teksnya.

Kesimpulan

Sampah plastik yang berada di darat maupun di lautan akan berimbas kepada manusia itu sendiri. Apalagi sampah sampah plastik tersebut sangat susah untuk diuraikan, sehingga sampah tersebut hanya akan menggunung dan berkumpul di tempat sampah dan lautan. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan akan penggunaan produk dari plastik menjadi produk produk yang ramah lingkungan. Misalnya dengan sikat gigi berbahan plastik yang diganti dengan sikat gigi yang berbahan bambu.

  • Bambu adalah tanaman yang tumbuh sangat subur di berbagai belahan dunia, meskipun pertumbuhan bambu tidak diinginkan. Bambu merupakan bahan baku alam yang mudah di proses, selain itu bamboo juga memiliki sifat kuat dan fleksibel dan mempunyai daya lentur yang tinggi. Selain kelebihan tersebut, bambu juga mudah terurai oleh tanah, dan jika tidak bambu akan tumbuh membentuk tunas tunas baru yang akan lebih menghijaukan dan mensuburkan tanah.

DAFTAR PUSTAKA

Sutikno, Raja Bambang, 2007 The Power Of Emphaty in Leadership. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

                 Putra, Dianata Eka, 2013. Rahasia Bahasa Tubuh. Penerbit : Titik Media Publisher

WEBTOGRAFI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2