Mohon tunggu...
Miftach Salim
Miftach Salim Mohon Tunggu... Freelance Content Writer, A Student, Coffee addicted

Mahasiswa biasa di salah satu kampus negeri di Surabaya. Menulis untuk berbagi ide, Twitter : @miftachsalim IG : https://www.instagram.com/miftachsalim/ for Bussiness : Miftachsalimppns@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Efek Multitasking pada Otak

26 November 2019   12:10 Diperbarui: 26 November 2019   12:22 30 1 0 Mohon Tunggu...

Sekedar Share pengalaman pribadi lewat tulisan yang mungkin tidak penting bagi beberapa oragn dan penting bagi sebagian kecil orang. Selain pengalaman penulis, sumber tulisan berasal dari gagasan pengalaman orang lain saat melakukan multi tasking. Kenapa masalah ini cukup perlu dibahas? hal ini dikarenakan di zaman informasi yang serba membludak lewat adanya sosial media ini. Banyak sekali hal yang kurang penting harus dikerjakan bersama-sama. Dan perpindahan antara satu pekerjaan ke pekerjaan lain adalah hal yang biasa. ini adalah MASALAH YANG BESAR.

Penulis tidak akan menyertakan gambar gambar untuk menunjang penjelasan karena sudah ada banyak gambar setelah tulisan ini diposting. Gambar - gambar iklan yang menutupi tulisan.

Baiklah. Hal pertama yang saya ingin bahas adalah multitasking. Multitasking didefinisikan sebagai melakukan kegiatan yang banyak dan berpindah pindah dalam rentang waktu yang pendek. For instance, Mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik sambil bermain mobile legend. Ketika kegiatan ini dilakukan secara hampir bersamaan. Lalu apa masalahnya? masalahnya adalah otak mu akan cepat LELAH. mengurangi kemampuanmu untuk FOKUS pada satu hal.

Padahal dalam memahami sesutau anda harus memiliki fokus yang tinggi agar informasi masuk dan tersimpan. orang - orang yang suka melakukan multitasking kemampuan fokusnya sangat buruk dan lama-lama menurun. ini tentunya sangat berbahaya bagi teman - teman yang masih belajar dalam hal ini sekolah maupun kuliah.

OTAK sebenarnya tidak bisa melakukan multitasking. otak hanya berfikir dan melakukan sesuatu secara straight. saat seseorang melakukan multitasking, sebenarnya yang terjadi adalah FOKUS OTAK dialihkan kepada hal lain secara cepat (karena dalam rentang waktu yang singkat). Inilah yang membuat otak anda CEPAT LELAH. Kekuatan fokus seseorang juga sangatlah pendek. Mungkin berkisar antara 2-5 jam. kalau fokus penulis hanya bertahan selama 3 jam. setelah itu ya tidak bisa benar-benar fokus.

Baiknya saat melakukan satu hal, lakukan saja satu hal itu secara fokus. meskipun itu hanya bermain mobile legend. Fokus artinya menyingkirkan hal lain yang tidak penting dan memusatkan segala perhatian pada satu hal demi mendapatkan pemahaman dan penyelesaian akan hal tersebut. 

Orang-orang sukses biasanya adalah orang - orang yang ahli dalam bidangnya dan mengerjakan satu bidang melatihnya secara terus menerus sehingga ia menjadi Expert/ pakar di bidang tersebut. mungkin dia akan lemah di bidang lain tapi dia adalah raja di bidangnya. raja yang terkenal dan memiliki kemampuan tinggi pada bidangnya. 

Contoh : atlet profesional, penulis proffesional, dosen, dokter dll. Mungkin sangat jarang orang yang bisa multitalenta, dan banyak orang yang expert dengan satu talentanya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x