Mohon tunggu...
Miftach Salim
Miftach Salim Mohon Tunggu... Freelance Content Writer, A Student, Coffee addicted

Mahasiswa biasa di salah satu kampus negeri di Surabaya. Menulis untuk berbagi ide, Twitter : @miftachsalim IG : https://www.instagram.com/miftachsalim/ for Bussiness : Miftachsalimppns@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Hey Anak Muda, Jangan Hanya Ahli Game Kuasai Ilmu Lain yang Sekiranya Beramanfaat di Masa Mendatang

10 Oktober 2019   06:30 Diperbarui: 10 Oktober 2019   07:52 0 1 1 Mohon Tunggu...

Saat ini zaman yang sangat berbeda dari zaman saya saat kecil. Zaman yang disebut sebut millenial ini sekarang sudah sangat terbuka. Internet menghubungkan semuanya. Internet mengubah segala cara kehidupan manusia terutama di perkotaan dengan fasilitas penunjang konektivitasnya yang lebih lengkap.

Bagaimana dengan masyarakat pedesaan?

Tentu saja, mereka juga terkena imbas dari kecanggihan fasilitas internet. Namun, pengaruhnya tidak seperti di perkotaan. Di desa masyarakat masih memegang erat budaya lama yang mungkin juga dapat disebut kuno. Sedangkan masyarakat perkotaan sudah sangat berubah dan berusaha untuk membuat semua hal terhubung dan menjadi lebih mudah.

Apa -- apa sekarang menggunakan internet  terutama di kota ataupun desa dengan fasilitas internet yang memadai. Apa yang tidak menggunakan internet saat ini? Bepergian pake Go Jek, Belanja makanan pesen Go food, belanja ke supermarket pake Go mart, melamar pekerjaaan pake linked in, nelfon keluarga pake WA, Mobil bisa jalan sendiri dengan koneksi, Belajar bisa tanpa guru di Platform Ruang Guru dan Zenius bahkan bekerja sekarang bisa di rumah dengan internet dengan platform Fiverr, upwork, Seoclork dan lain nya. Sebenarnya masih banyak lagi hal -- hal yang dapat dilakukan manusia zaman sekarang dengan internet. Saya tidak bisa  menyebutkan satu -- satu karena pengalaman yang terbatas.

Lalu apa korelasi dari tulisan di atas dengan Judul tulisan ini? Terlalu melebar ya pembahasannya. Baiklah

Anak -- anak muda sekarang harus melek internet. Mereka harus tau cara me manage waktu mereka saat berselancar di internet. Mereka harus bisa mencari informasi yang benar di internet dan tidak boleh gampang percaya dengan isu -- isu di internet. DAN ini YANG PALING PENTING adalah mereka dapat memanfaatkan internet untuk berkembang lebih baik, belajar, mencari ilmu, mencari koneksi dan menjadi terkenal dengan karya -- karyanya.

Sekarang ini sangat beda dengan generasi saya yang lahir tahun 96 ke bawah. PNS bukanlah primadona sekarang ini karena terbukti yang menjadi pengusaha pun lebih mapan kehidupannya daripada menjadi PNS. Mungkin beberapa PNS golongan lebih tinggi memiliki kehidupan yang lebih baik. Namun, rata- rata yang saya lihat kehidupan mereka juga Pas. Tidak kurang dan tidak lebih tapi lebih aman karena menerima dana pensiun.

Lalu apa pekerjaan favorit anak -- anak zaman sekarang?

Era sudah berubah nak, Sekarang banyak anak -- anak yang lebih kreatif berkarya ada yang lewat video vlog, Lewat foto -- foto instagram, Menjadi pembicara yang sangat aktif, menjadi pelawak yang dapat membuat banyak orang tertawa, menjadi penulis dengan keindahan rangkaian katanya, Pengusaha Olshop dengan omset ratusan juta per bulan. Dan masih banyak lagi pekerjaan pekerjaan baru yang tercipta dari internet.

Pekerjaan -- pekerjaan Di atas Butuh SKILL. Skill itu tidak bisa dipelajari dengan cepat ibarat sulap SIM SALABIM. Perlu ada motivasi dan minat terhadap sesuatu. Kemudian minat itu dikembangkan. Contoh nya jika kamu berminat menekuni bidang video maker ya geluti bidang tersebut sampai ahli. Kamu bisa menawarkan jasa edit video lewat berbagai macam Platform seperti FJB kaskus, FB, Twitter, Fiverr, Seoclerk, Upwork, Sribulancer, dan lain lainnya.

Tidak perlu banyak memikirkan uang karena uang itu akan mengikuti tingkat skill kamu. Coba lihat di sekelilingmu ada tukang sapu, OB, pembantu. Bukannya menghina mereka namun pekerjaan -- pekerjaan seperti ini sebenarnya adalah pekerjaan dengan tingkat skill yang rendah. Tentunya skill yang rendah akan memiliki bayaran yang rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x