Mohon tunggu...
Mila aprilla
Mila aprilla Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Mahasiswa S1 Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Perusahaan Bus AKAP Transportasi di Pandeglang Diaktifkan Kembali

13 November 2020   13:27 Diperbarui: 13 November 2020   13:32 19 1 0 Mohon Tunggu...

Tranportasi merupakan kegiatan yang berperan sebagai urat nadi kehidupan ekonomi maupun sosial. Oleh karenanya kegiatan tersebut perlu diarahkan pada terwujudnya sistem transportasi yang andal, berkemampuan tinggi dan diselenggarakan secara terpadu, tertib, aman, lancar, nyaman, efisien dan selamat dalam menunjang dan sekaligus menggerakkan dinamika pembangunan, mendukung mobilitas manusia, barang dan jasa serta mendukung pola distribusi. Menurut Amos Rapoport, kota adalah suatu pemukiman yang relative besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok individu yang heterogen dari segi sosial Steenbrink (1974). Transportasi ini merupakan suatu perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau juga kendaraan dari dan ketempat-tempat yang terpisah dengan secara geografis.

Sejumlah pengusaha Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kabupaten Pandeglang, Banten, menginginkan agar moda transportasi darat bisa segera diaktifkan lagi. Karena selain mengingat pada kebutuhan masyarakat dan juga demi kesejahteraan karyawan PO bus. 

Selama Bus antar kota dinonaktifkan perusahaan Bus selama ini sangat merugi selain itu juga pihaknya harus memperhatikan kesejahteraan karyawan, sebab selama dinonaktifkan moda transportasi mereka tidak mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari dan keluarganya, karena seolah mereka buruh lepas yang artinya ketika bekerja bisa punya penghasilan dan saat tidak bekerja maka tidak akan dapat penghasilan.

Pihak perusahaan Bus pun ingin roda perekonomian bisa segera berjalan, dan tentunya ketika moda transportasi diaktifkan lagi dan mereka juga siap untuk tetap menerapkan protocol kesehatan. 

Selama moda transportasi dinonaktifkan pihak perusahaan mengalami kerugian dan tidak ada penghasilan selama dinonaktifkan dan juga terhambat dalam faktor perekonomian keluarga mereka karena penghasilan mereka hanya bergantung pada moda transportasi. Meskipun pihak perusahaan ingin segera mungkin moda transportasi dibuka lagi tetapi tetap akan mengikuti aturan dan menunggu keputusan pemerintah terkait kapan akan segera dibukanya moda transportasi tersebut.

Kemudian pada akhrinya permohonan dari perusahaan Bua AKAP pun diterima oleh pemerintah peraturan menteri perhubungan Nomor 25 Tahun 2020. Dengan dibukanya kembali moda transportasi dipandeglang tetapi ada beberapa peraturan yaitu dengan menjaga protocol kesehatan seperti dengan menggunakan masker,dan lain-lain yang menyangkut kesehatan. Dan juga dengan batasan penumpang Bus tidak diperbolehkan mengangkut 50 persen dari kapasitas Bus. Selain itu, awak kendaraan harus memenuhi protocol kesehatan dan sudah bebas dari COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19.

Nama : Mila Aprilla

Nim : 2290190063

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x