Mohon tunggu...
Mila Novia
Mila Novia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semangaaatt

Berproses dan bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik 2021 : Mengatasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19

27 Juli 2021   22:30 Diperbarui: 30 Juli 2021   09:26 26 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengatasi Pembelajaran Online di Massa Pandemi Covid-19 di TK Kartika Siliwangi 39

Dalam pembelajaran daring selama adanya pandemic covid-19 di Indonesia, banyaknya kendala yang harus dihadapi oleh guru sebagai pendidik dan pengajar di Indonesia khusus nya di Tk Kartika Siliwangi 39. pembelajaran yang semulanya tatap muka (luring), akibat adanya dampak pandemic ini akan berubah dengan banyaknya di lakukan pembelajaran secara online (daring).

Pembelajaran secara daring ini yang telah dilaksanakan kurang lebih satu tahun di Tk Kartika Siliwangi ini, hal itu yang sudah dilakukan untuk menekan angka penularan virus Covid-19 yang berasal dari China tepatnya, Wuhan.

Adapun kendala yang harus dihadapi oleh pembelajaran daring di Tk Kartika Siliwangi 39:

  • Masih adanya Siswa-siswi Tk Kartika Siliwangi 39 tidak memiliki smartphone android.
  • Keterbatasaanya kuota internet yang dimiliki oleh siswa-siswi.
  • Media pembelajaran yang masih terbatas digunakan para guru sehingga membuat para siswa-siswi merasa jenuh ataupun bosan.
  • Siswa mengalami kesulitan untuk konsentrasi dalam belajar dari rumah
  • Pembelajaran dominan belum interaktif.
  • Karakter ataupun perilaku para siswa-siswi sulit dipantau.
  • Pembelajarannhya cenderung tugas online.

Sebagai seorang guru, harus mencari berbagai solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran daring di Tk Kartika Siliwangi 39 tersebut. Adapun alternative solusi yang dapat di tempuhyaitu :

  • Siswa-siswi yang tidak memiliki smartphone android, guru harus memaklumi nya atau guru memberi keringan kepada siswa-siswi yang tidak memiliki handphone, seperti sesering mungkin guru memberikan tugas dan memberi siswa-siswi tatap muka yang tidak memiliki handphone tetap dengan mematuhi protocol kesehatan.
  • Menggunakan media pembelajaran daring yang variatif sehingga siswa tidak jenuh.
  • Mengupayakan menggunakan media daring variatif yang agar mampu berinteraktif.
  • Menggupayakan pembelajaran melalui aplikasi yang bisa live misalnya Video call, zoom meeting dan g-meet agar karakter atau perilaku para siswa-siswi ralatif terpantau.
  • Materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran sebaiknya sehari ¬†sebelumnya sudah diberikan kepada siswa-siswi untuk mempelajari terlebih dahulu.

Belajar secara online (daring) ini juga kurang efektif, karena bisa saja siswa-siswi Tk Kartika Siliwangi 39 tidak memperhatikan materi yang sedang dijelaskan atau diberikan oleh guru. Karna situasi dan kondisi tidak sama seperti ketika ada disekolah. Bahkan, tidak jarang siswa-siswi mematikan kamera, menundukan kepalanya seperti tidur-tiduran ataupun bermain ketika pembelajaran sedang berlangsung. Dengan demikian, siswa-siswi jadi kurang memahami materi yang diberikan oleh guru Tk Kartika Siliwangi.

Walaupun begitu juga kita hanya bisa memaklumi karna situasi dan kondisi seperti ini dan berharap agar pandemic virus Covid-19 ini bisa cepat berakhir supaya kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan