Otomotif

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin di Musim Panas

1 Juli 2018   07:39 Diperbarui: 3 Juli 2018   11:18 2099 0 0
Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin di Musim Panas
shutterstock.com

Berkendara dengan mobil apalagi jika kamu berada di Kota besar khususnya  Jakarta maka AC merupakan salah satu fitur andalan untuk menjaga kenyamanan di dalam kabin mobil. Dengan intensitas penggunaannya yang sering dipakain maka sudah selayaknya AC mobil dirawat dengan baik dan benar. Untuk lebih bagusnya maka perawatan intensif dan pemeriksaan rutin terhadap AC mobil kamu ada baiknya di lakukan di bengkel mobil khusus AC.

Banyak pengendara yang merasa AC mobil mereka kurang dingin dan bermasalah. Seperti contoh yang sering ditemui ialah AC yang bau apek dan kurang segar dan yang paling sering adalah masalah AC yang kurang begitu dingin. Semua masalah-masalah tersebut diatas tentu sangat mengganggu di perjalanan. Apalagi bila kondisi cuaca panas yang dimana kita butuh akan AC mobil yang bekerja dengan baik.

Sebenarnya tidak terlalu sukar cara merawat AC mobil sendiri asal kita tahu bagaimana melakukannya. Dibawah ini ialah tips dan cara merawat AC mobil agar tetap dingin :

Faktor ini kurang mendapat perhatian, akan tetapi kebersihan karpet atau lantai mobil merupakan hal penting. Karen kebersihan lantai mobil akan membuat udara di dalam ruangan mobil juga terpelihara dengan bersih. Hal ini akan membuat filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu juga kotoran, sehingga akan membuat kabin terasa segar.

Ketika sedang mencuci mobil, jangan lupa untuk membuka kap mesin. Semprotkanlah air dengan kencang di bagian kondensor AC. Letak komponen ini biasanya dekat dengan radiator mobil. Jika ada kotoran atau debu yang menempel dan dibiarkan dalam waktu lama akan berakumulasi dan mengeras. Hal ini akan membuat karatan dan bocor pada bagian kondensor AC.

Pilihlah tempat parkir yang rindang dan tidak terkena sinar matahari secara langsung bila kamu akan parkir kendaraan dalam waktu yang sangat lama. Hal ini karena kalau ruang dalam mobil akan sangat panas dan akan membutuhkan proses pendinginan yang cukup lama ketika kamu akan menyetir. Selain dari pada itu, beban AC saat mobil berjalan pertama kali pun ikut tinggi.

Tips berikutnya untuk merawat AC mobil sendiri ialah waktu kamu menempuh perjalanan jauh. Sesekali matikan AC dan kemudian hidupkan kembali. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan AC mobil supaya tidak over works dan terus-menerus mendinginkan kabin mobil. Pada saat suhu tidak terlalu panas buka jendela dan matikan AC.

Periksa extrafan kipas AC dalam keadaan normal dan bagus. Terkadang Fan AC yang tidak bekerja dengan baik akan membuat AC kurang dingin.

Jika kamu perokok maka usahakan untuk tidak merokok di dalam mobil. Asap rokok akan mengotori Evaporator dan membuat lengket serta berlendir. Selain itu juga bau rokok akan menempel dan susah untuk dihilangkan.

Perawatan AC mobil bisa kamu lakukan sendiri untuk hal-hal yang mudah. Akan tetapi  jika terlalu teknis maka ada baiknya untuk konsultasi ke bengkel AC mobil langganan agar pengalaman berkendara kamu tetap nyaman.