Mohon tunggu...
mikhael rian
mikhael rian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang rajin menabung dan tidak sombong

jarang aktif, sibuk ibadah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bermimpi Bersama Kejar Mimpi

18 Maret 2021   20:58 Diperbarui: 18 Maret 2021   21:30 110 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bermimpi Bersama Kejar Mimpi
Dok Kejar Mimpi ID

Lingkungan sosial membuat kita dapat hidup dengan nyaman seperti sekarang ini, tentu dengan adanya komunikasi yang menjadi jembatan untuk mencapai kenyamanan tersebut. Namun apakah semua interaksi dan komunikasi berjalan dengan lancar? Tentu tidak. Pasti ada saja hal-hal yang mengganggu kenyamanan-kenyamanan tersebut. Maka dari itu gangguan-gangguan itu dapat diminimalisir dengan adanya analisis sosial.

Analisis sosial dapat dipelajari dalam mata kuliah ilmu komunikasi, yang saya ambil di semester 4 ini. Analisis sosial bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana hubungan sosial, struktur, dan realitas yang terjadi di lingkungan masyarakat. Saya Mikhael Rianputra bersama kedua teman saya Credentia Gisela dan Adelard Khairu Aristeya bekerja sama untuk mempelajari bagaimana pentingnya analisis sosial dalam kehidupan.

Kami bertiga memutuskan untuk menganalisis komunitas Kejar Mimpi yang diinisiasi oleh CIMB Niaga, dimana komunitas ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang positif dan memberikan nilai-nilai baru sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia.

Mengapa harus Kejar Mimpi? Dari sekian banyak kandidat komunitas, Kejar Mimpi menjadi prioritas utama kami karena komunitas ini tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia. Hal ini menjadi pertimbangan pertama bagi kami. Kedua yaitu kami mencari komunitas dengan media sosial aktif. Media sosial dari Kejar Mimpi (kejarmimpi.id) terbilang sangat aktif dibandingkan dengan kandidat komunitas lainnya. Dengan mengulik lebih jauh lagi kami menemukan akun Instagram dari Kejar Mimpi cabang Yogyakarta, hal ini lah yang membuat kami memilih komunitas Kejar Mimpi sebagai komunitas yang akan kami analisis.

Selain dari media sosial Instagram, kami juga menemukan website resmi dari komunitas ini yaitu kejarmimpi.id. Website ini menampilkan profil dari Kejar Mimpi, visi, misi, dan program-program yang mereka jalankan untuk membentuk generasi muda yang positif. Kejar Mimpi juga memiliki aplikasi yang dapat di unduh di play store. Dengan banyaknya platform yang tersedia ini memudahkan kami untuk menganalisis bagaimana cara komunitas ini bekerja dan bagaimana pengaruhnya terhadap generasi muda.

Tahapan selanjutnya dalam menganalisis komunitas  adalah dengan menghubungi komunitas ini melalui media sosial Instagram. Teman saya Credentia Gisela mengajukan permohonan izin untuk menganalisis komunitas tersebut dan reaksi dari admin Instagram sangat positif. Kami diberi kontak Whatsapp untuk memudahkan interaksi dari kedua belah pihak. Kemudian kami pun mengajukan surat izin analisis dari pihak kampus yang ditandatanngani oleh dosen kami yaitu Ms. Vita. Lagi-lagi respon positif kami dapatkan saat mengajukan surat izin tersebut.

Tahapan ketiga dan sekaligus menjadi tahapan terakhir adalah wawancara dengan pihak komunitas Kejar Mimpi. Wawancara yang kami ajukan ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai komunitas Kejar Mimpi sehingga memudahkan kami dalam menganalisis. Kami mengajukan wawancara melalui zoom sebagai perantara, mengingat adanya pandemic COVID-19 yang membatasi pergerakan di lingkungan sosial.

Kami bertiga sebagai kelompok juga berinisiatif untuk mencoba mengikuti dan bergabung dengan komunitas ini agar kegiatan analisis ini dapat berjalan lancar, dan tentu kami akan bergabung ke dalam komunitas ini bukan hanya untuk analisis, tetapi juga untuk menjadi generasi muda yang positif dan dapat menyebarkan hal positif tersebut ke lingkungan sekitar.

Tunggu apa lagi? Ayo bergabung bersama kami di dalam komunitas Kejar Mimpi ini! Program-progam yang menarik dan bermanfaat dapat dilihat di media sosial Instagram Kejar Mimpi. Kami tunggu kehadiran anda sebagai Dream Warriors!

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan