Mohon tunggu...
andy ichsan
andy ichsan Mohon Tunggu... Blogger and author

Pengarang novel Transition, novel Dimension of Dreams, dan kumpulan cerpen Province Memoir. Standby di toko buku fiksi : mikailearns.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Sambutlah Ide Marketplace Terbaru: Biro Jodoh

6 Juni 2020   06:42 Diperbarui: 24 Juni 2020   12:22 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sambutlah Ide Marketplace Terbaru: Biro Jodoh
picuki.com

Menikah adalah hajat hidup orang banyak. Biro Jodoh dalam film Warkop DKI, Jodoh Boleh Diatur, bersifat dadakan atau musiman. Sampai sekarang medium atau jasa pencari pasangan bercinta-cintaan tetap eksis dan menjamur di Internet. Namun, yang kami maksud di sini ialah mak comblang pernikahan. Ada beberapa yang berorientasi demikian dan populer, baik online maupun offline. Berikut contoh pemaparan dari proposal bisnis jasa pencarian pasangan menikah :

Executive Summary

Pendahuluan

Para netizen telah mengenal Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee sebagai tempat mempertemukan penjual dan pembeli yang saling membutuhkan. 'Marketplace' terbaru ini hendak menjadi fasilitator pencarian pasangan menikah walau kepastian jodoh tetap dari Allah SWT. Ia upaya sistematis mempercepat pernikahan bagi kawula siap nikah, lalu terserah mereka ke mana-mana dengan pacar, apakah bakal sempat tidur bersama atau tidak.

Latar Motif

1. Masyarakat umum (baligh-dewasa) tidak tahu persis siapa yang tersedia dan bersedia (waktu dan tempat) untuk menikah ; info biodata lengkap dan profil seperti apa yang mereka cari. Khusus paruh baya ke atas, ini bukan semata keintiman melainkan teman hidup hingga usia senja.

2. Kurikulum kemendikbud 2020 : remaja menikah, tunda walimah. Berdasarkan kebijakan kemendikbud terbaru, sistem pendidikan nasional mengalami perubahan drastis. Sasaran jasa atau layanan masyarakat oleh biro jodoh ialah para remaja dan dewasa muda di usia pacaran yang bakal lebih santai berkat ditiadakannya ujian nasional sehingga punya lebih banyak waktu menjalin hubungan cinta-cintaan. 

Berkat kemajuan teknologi gadget dan internet, terjadi keramaian interaksi digital secara intensif. Naluri berpasangan di-boost oleh gencarnya pengaruh eksternal : media sosial internet, televisi, dan pergaulan bebas sehari-hari di sekolah, kampus, dan tempat kerja.

Dasar pemikiran

Jaringan Biro jodoh offline merupakan alternatif proses pernikahan selain hubungan kemasyarakatan yang alami dalam mendapatkan pasangan. Penyebab kegagalan pusat pencari jodoh konvensional karena sekadar berbasis jejaring sosial. Padahal, masyarakat menikah adalah sebuah ekosistem. Ketika habitatnya tercipta, alam semesta mendukung sepenuhnya (diridhai Allah SWT).  Ketika saat ini marketplace booming, tercetuslah cara menyempurnakan bisnis ini yakni menciptakan perantara terpercaya berbadan hukum (misalnya bernama CV. Biro Jodoh Islami). Sebetulnya pernikahan tidak sesakral awam pikirkan dan yang wajib ditaati adalah peraturan Islam terkait dengan pergaulan dalam masyarakat (baca artikel kami mengenai pemisahan akad ijab-qabul dan walimah). 

Dengan berdirinya biro jodoh resmi, 'meninggalkan' dan 'ditinggalkan' menjadi hal yang lumrah. Tidak ada orang yang terpuruk terlalu lama oleh persoalan sentimental ini dan lekas 'move on' bersama orang lain. Biro jodoh akan mendorong individu muslim dewasa (non-muslim diatur kemudian) senantiasa menjaga diri (kebugaran fisik dan kesehatan mental) untuk sewaktu-waktu didaftarkan pada perusahaan pencari pasangan lawan jenis bila diperlukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN