Mohon tunggu...
Miftahur Rizqi Akbar
Miftahur Rizqi Akbar Mohon Tunggu... Ilmuwan - Research Scientist | Entrepreneur | Writer | Doctor of Plant Breeding and Biotechnology IPB | Founder @accelnesia

Rizqi adalah doktor di bidang pertanian dari Institut Pertanian Bogor. Saat ini Rizqi sebagai peneliti di salah satu perusahaan BUMN. Selain sebagai peneliti Rizqi juga sebagai konsultan di bidang pertanian, perkebunan, data science, scientific publication, dan sustainability. Rizqi juga mendirikan lembaga konsultan di bidang pendidiikan yang berfokus untuk meningkatkan literasi ilmiah di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Never End Learning dalam Fase Kehidupan

5 September 2021   06:58 Diperbarui: 5 September 2021   06:57 92 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Never End Learning dalam Fase Kehidupan
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Belajar tidak memiliki batasan ataupun jabatan yang dimiliki. Seseorang yang baru diterima sebagai karyawan di suatu perusahaan memerlukan waktu untuk beradaptasi. 

Dia perlu mempelajari peraturan baru, kultur company, dan cara kerja company. Sebagai seseorang yang bijak dia harus belajar pada siapapun, baik dari level line manager nya hingga level terbawah.

Belajar tidak mengenal kata gengsi atau muncul perasaan bahwa dirinya lebih rendah dibandingkan orang lain. Berbagai akan diperoleh jika kita belajar dari level staff terendah karena kita dapat mendapatkan sudut pandang dan pengetahuan yang dimilikinya. Seseorang yang lebih berpengalaman dibandingkan kita harus kita peroleh ilmunya.

Kita bukan sebagai orang yang menjalankan tugas teknis yang dilakukan oleh staff tetapi kita mengetahui dan mengalami bagaimana proses pekerjaan itu dilakukan. 

Jika kita memahami secara menyeluruh cara kerja di suatu perusahaan. Kita akan mudah untuk menyesuaikan ritme dari perusahaan. Kita juga memiliki peluang untuk meningkatkannya.

Belajar tidak mengenal usia artinya bahwa kita harus senantiasa belajar berapapun usianya. Hal yang terpenting dari belajar adalah kemauan untuk tumbuh. Perkembangan dunia begitu pesat terutama di era digital saat ini. 

Jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan zaman kita hanya akan menjadi pasar atau pion perkembangan tersebut. Kita jangan hanya menikmati sebagai konsumen, tetapi harus dapat dijadikan sebagai peluang usaha. 

Sebagai seseorang yang lulus pada bidang tertentu sebagian besar orang fokus pada bidang yang digelutinya semasa kuliah.

Padahal secara realita dunia kerja memiliki dinamika dan tantanga yang berbeda sehingga menuntut skill lain yang dibutuhkan, maka belajar memegang peranan yang sangat penting. Kita belajar untuk menambah skill yang dapat menunjang kehidupan karir kita.

Kita harus membuat sebuah plan terkait apa yang akan dipelajari misalnya kemampuan managerial, komunikasi yang efektif, dan leadership. Plan ini menjadi sangat penting karena tanpa adanya plan kita tidak akan memiliki arah yang jelas. 

Sebagai langkah awal kita harus membuat asessment tentang diri berkaitan dengan kemampuan yang dimiliki serta pengembangan skill apa yang harus dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan