Mohon tunggu...
Miftahul Anam
Miftahul Anam Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Tanaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Budidaya Alpukat

5 Oktober 2022   13:50 Diperbarui: 5 Oktober 2022   14:04 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di sini saya sebagai yang bersangkutan ingin berbagi pengalaman menanam tanaman alpukat. Karena dorongan kebutuhan masyarakat Indonesia guna memenuhi vitamin dan gizi manusia , saya berfikir bahwa berbudidaya alpukat akan membawa keuntungan dan keberkahan. 

Karena terdapat tanah kosong saya ingin mengubahnya dengan menanam tanaman alpukat . Penanamnya pun juga tidak hanya asal , yang pertama kita gali lubang dengan jarak sekitar 3 m an dan menyiapkan pupuk yang sudah kami olah(frementasi). Dengan tercukupi nya kebutuhan nutrisi dalam tanaman alpukat membuat nya lebih cepat berbuah . Kita gunakan jenis alpukat antara lain: mentega ,kendil , aligator ,dan alpukat non biji.

Untuk uji coba pertama saya menanam sekitar 40 batang. Kemudian untuk tahan kedua saya menanam sekitar 80. Dari sini saya optimis dan tidak ada kata rasa kegagalan untuk mencoba..

Untuk tahap pertama selang 2 tahun saya merasa optimis karena tanaman alpukat tersebut sudah muncul kembang, tapi sisi lain uji coba tersebut masuk gagal, karena ketahanan dalam tanaman masih lemah untuk berbuah, maka saya lakukan penyemprotan terhadap kembang tersebut dengan pupuk mpk. Setelah sela 6 bulan saya melihat pertumbuhan itu sangat bagus, kembang yang bermekaran itu pun akhirnya berubah jadi buah alpukat yang besar- besar dan manis. 

Dari sini saya belajar bahwa budidaya tanaman tidak ada ruginya, belajar dan belajar serta sabar dalam merawat tanaman tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun