Mohon tunggu...
miftahudin
miftahudin Mohon Tunggu... manulis apa saja yang menarik untuk diulas

mahasiswa kkn yang sedang mengabdi di masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Sulap Sampah Jadi Kerajinan Tangan oleh Ibu-ibu Rumah Tangga

28 Agustus 2019   13:22 Diperbarui: 28 Agustus 2019   20:58 108 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sulap Sampah Jadi Kerajinan Tangan oleh Ibu-ibu Rumah Tangga
picsart-08-28-08-52-48-5d66874a0d823068e83cf822.jpg

Sejumlah 11 orang mahasiswa UPS Tegal yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kebandingan, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal mengadakan program kerja berupa kegiatan pelatihan daur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Balai Desa yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK di Desa Kebandingan.

Program tersebut dilatar belakangi dari keresahan mahasiswa KKN yang melihat banyaknya tumpukan sampah plastik yang sering dibuang sembarangan berserakan di jalan maupun di lingkungan posko KKN, dari hal tersebut terciptanya ide pengolahan sampah plastik menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Ibu-ibu PKK dilatih oleh beberapa Instruktur tentang bagaimana membuat produk dari sampah. Instruktur tersebut diantaranya Pegiat Komunitas Runtah Tegal Laka-laka (Rutela) Amril Lurman dan Guntoro.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Instruktur secara langsung di depan  peserta pelatihan. Dan dilanjutkan dengan praktik pengolahan sampah plastik menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti Bunga dan Tas dari sampah pastik dengan didampingi oleh mahasiswa KKN pada hari Selasa (20/08/2019).

Ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan begitu antusias membuat kerajinan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diajarkan. Walaupun dibutuhkan kesabaran dan waktu yang tidak cepat, hal ini tidak mematahkan semangat ibu-ibu PKK untuk terus membuat kerajinan.

Dengan adanya Kegiatan posistif ini diharapkan membantu masyarakat sekaligus mendukung upaya pengurangan sampah khususnya sampah anorganik di Desa Kebandingan.

VIDEO PILIHAN