Mohon tunggu...
MiftahIrfan
MiftahIrfan Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Karma ANTV, "Settingan" atau Tidak?

7 April 2018   23:10 Diperbarui: 7 April 2018   23:42 0 3 2 Mohon Tunggu...
Karma ANTV, "Settingan" atau Tidak?
antvklik.com

Acara karma yang akhir-akhir ini muncul sebagai acara yang menyajikan konsep berlatarkan tempat didalam studio, dengan juga memberikan keleluasaan kepada para partisipan untuk bercerita dari hati-kehati mengenai persoalan hidup yang mereka hadapi.

Setelah partisipan becerita selanjutnya Roy seorang konsultan spritual yang terlahir sebagai anak Indigo akan membaca masa lalu dan masa depan dari sang partisipan untuk mengulik lebih dalam lagi masa-masa kelam yang partisipan alami selama hidupnya. 

Sebelum berkarir didalam acara karma ANTV, seorang Roy Kiyoshi juga telah memiliki reputasi sebagai spritualis dengan berhasil meramalkan semisal, akan meletusnya beberapa gunung di Indonesia, atau akan ada ormas yang nantinya akan dibubarkan. Meskipun juga terkadang ada beberapa penglihatan Roy yang kurang tepat.

Biografi singkat seorang Roy Kioshi, sebelum terkenal karena acara karma ANTV ia adalah mahasiswa study bahasa Cina di negeri tirai bambu. Ketika Roy berkuliah di Cina dengan kebabasan yang dia miliki karena jauh dengan kedua orang tua dan tidak ada yang mengawasi perilaku remajanya, ketika itu pula Roy terjerumus pada pergaulan yang salah.

Tapi setelah itu Roy kembali ke Indonesia dan memutuskan untuk bertaubat kepada ajaran Buddha untuk sering berbuat kebaikan kepada seluruh mahluk hidup yang ada dimuka bumi.  

Kembali pada analisis acara karma ANTV, bahawa privasi partisipan didalam acara ini menurut saya sudah dijaga dengan baik dengan cara memakaikan masker kepada para partisipan untuk menutupi wajah mereka, tetapi ada juga partisipan yang tidak mau menutup wajahnya, mungkin itu tergantung dari kemauan sang partisipan ataupun tergantung seberapa sensitif kisah yang akan di ceritakannya.

Meskipun begitu, ada pula beberapa partisipan yang menunjukkan wajahnya meski ada aib-nya yang tidak sengaja terlihat oleh penglihatan spiritual kak Roy. Acara Karma juga dipandu oleh pembawa acara realitas kondang yaitu Robby Purba yang memang memiliki reputasi dan kemapuan untuk mengulik kisah dari narasumbernya.

Selain itu acara Karma juga dipandu dan didampingi oleh artis-artis ataupun penyanyi terkenal lainnya, kemunculan para artis ini bukan hanya untuk pemanis tetapi mereka juga memiliki kisah-kisah mistis untuk melengkapi acara tersebut.

Karma dapat diartikan sebagai hukum sebab akibat yang dirasakan oleh setiap manusia di seluruh dunia. Karena mengingat apa yang dikatakan oleh pepatah bahwa apa yang kita tanam itu yang nantinya akan kita petik, artinya, jika kita berbuat baik maka karma baik akan kita raih di kemudian hari, tetapi jika kita berbuat kejahatan maka kelak karma buruk lah yang akan kita alami di masa depan. 

Dari penjelasan mengenai karma tersebut memang sudah jelas bahwa acara Karma ini adalah acara yang menyajikan kisah-kisah mengenai perbuatan buruk yang dilakukan oleh diri sendiri, keluarga, ataupun orang lain yang membenci kita dimasa lalu. lalu kemudian setelah partisipan menceritakan penderitaan yang selama ini dia alami setelah itu, mereka akan meminta saran dari Roy Kiyoshi selaku konsultan spritual yang ikut memandu acara karma tersebut.

Roy Kiyoshi pada acara karma ANTV sering sekali menghadapi kasus-kasus yang sifatnya mistis dan bersinggungan dengan alam ataupun mahluk ghaib. Jika di analisis dari segi demografis maka kita dapat berhipotesis bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang berketuhanan sesuai dengan sila pertama pada Pancasila, dimana tentunya mayoritas masyarakat kita pasti percaya dengan sesuatu yang ghaib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x